Iklan

terkini

Cara Pembayaran PNBP Lewat BNI Mobile Banking dan ATM BNI

Melani Syihab
5/15/23, 21:36 WIB Last Updated 2023-05-15T14:36:06Z

Dalam melakukan pembayaran PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) terkadang memerlukan waktu dan tenaga yang cukup banyak. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi, kini cara pembayaran PNBP lewat BNI Mobile Banking dapat dikukan mudah dan praktis baik melalui BNI Mobile Banking maupun melalui ATM.

 

Cara Pembayaran PNBP Lewat BNI Mobile Banking

Bagi anda yang kurang memahi prosesnya, kali ini kita akan membahas tentang PNBP, BNI Mobile Banking dan bagaimana cara melakukan pembayaran PNBP melalui BNI Mobile Banking.

 

PNBP merupakan penerimaan negara yang berasal dari sumber-sumber bukan pajak. PNBP dapat diterima dari berbagai sumber, seperti penyewaan aset, pengelolaan investasi, penjualan barang dan jasa, serta pendapatan lain yang sah. PNBP sangat penting dalam menjalankan pemerintahan negara, karena PNBP akan digunakan untuk membiayai berbagai kegiatan pemerintahan, seperti pembangunan infrastruktur dan sosial.

 

Aplikasi BNI Mobile Banking merupakan layanan perbankan digital yang memungkinkan nasabah BNI untuk melakukan berbagai transaksi perbankan secara online. Manfaat dari BNI Mobile Banking antara lain memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja, menghemat waktu dan biaya, serta memungkinkan nasabah untuk memantau keuangan mereka dengan lebih mudah.

Langkah-langkah Cara pembayaran PNBP melalui BNI Mobile Banking

Langkah-langkah cara pembayaran PNBP lewat BNI Mobile Banking cukup mudah, caranya kalian tinggal mengikuti setiap langkah berikut ini:

  1. Pertama-tama, buka aplikasi BNI Mobile Banking pada ponsel anda.
  2. Setelah membuka aplikasi, masukkan user id dan MPIN untuk masuk ke dalam akun BNI Mobile Banking anda.
  3. Kemudian memasukkan user id dan MPIN, klik tombol login untuk masuk ke dalam akun BNI Mobile Banking anda.
  4. Lalu masuk ke dalam akun BNI Mobile Banking, pilih menu Pembayaran pada halaman utama aplikasi.
  5. Selanjutnya, pilih menu Penerimaan Negara pada menu Pembayaran.
  6. Pada halaman Penerimaan Negara, pilih Rekening Debit dan pilih rekening BNI anda yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran PNBP.
  7. Masukkan Nomor Tagihan atau Kode e Billing anda untuk melakukan pembayaran PNBP.
  8. Setelah memasukkan Nomor Tagihan atau Kode e Billing, klik tombol Lanjut untuk melanjutkan proses pembayaran.
  9. Pada halaman validasi, cek data yang muncul untuk memastikan bahwa informasi yang dimasukkan sudah benar.
  10. Jika data sudah benar, masukkan password transaksi anda untuk mengkonfirmasi pembayaran.
  11. Setelah memasukkan password transaksi, klik tombol Lanjut untuk menyelesaikan proses pembayaran.
  12. Setelah proses pembayaran selesai, anda akan menerima notifikasi bahwa transaksi pembayaran PNBP anda berhasil dilakukan.

Cara Bayar PNBP Lewat ATM BNI

ATM (Automatic Teller Machine) BNI adalah salah satu alternatif cara untuk melakukan pembayaran PNBP dengan mudah dan praktis. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pembayaran PNBP melalui ATM BNI:

  1. Masukan kartu ATM yang akan di didebet untuk pembayaran PNBP
  2. Setelah memasukan PIN silahkan pilih ”Menu Lain”.
  3. Pilih menu “Pembayaran”.
  4. Pilih menu “Pajak/Penerimaan Negara”.
  5. Kemudian Pilih “Pajak/PNBP/Bea dan Cukai”.
  6. Sekarang masukkan Kode billing PNBP yang akan dibayar.
  7. Setelah dipastikan benar kamu dapat melakukan proses pembayaran dengan menekan tombol “Ya”.
  8. Proses pembayaran PNBP lewat ATM BNI Selesai.

Keuntungan menggunakan BNI Mobile Banking dan ATM untuk pembayaran PNBP

Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan BNI Mobile Banking dan ATM untuk pembayaran PNBP, di antaranya:

Praktis dan cepat

Dengan menggunakan BNI Mobile Banking, anda dapat melakukan pembayaran PNBP dengan lebih mudah dan cepat. Anda tidak perlu lagi mengantri di kantor pos atau bank untuk membayar PNBP.

Aman dan terpercaya

BNI Mobile Banking memiliki sistem keamanan yang baik untuk melindungi nasabah dari ancaman keamanan seperti phishing dan hacking. Oleh karena itu, anda dapat melakukan pembayaran PNBP dengan aman dan terpercaya melalui BNI Mobile Banking.

Dapat dilakukan di mana saja

Dengan BNI Mobile Banking, anda dapat melakukan pembayaran PNBP kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu datang ke bank atau kantor pos. Anda hanya perlu membuka aplikasi BNI Mobile Banking pada ponsel anda, dan melakukan pembayaran PNBP dengan mudah dan praktis.

 

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang PNBP, BNI Mobile Banking, dan cara melakukan pembayaran PNBP melalui BNI Mobile Banking. Melalui BNI Mobile Banking, pembayaran PNBP menjadi lebih mudah, cepat, praktis, aman, dan terpercaya. Oleh karena itu, kita dapat menghemat waktu dan tenaga dalam melakukan pembayaran PNBP.

Dalam melakukan pembayaran PNBP melalui BNI Mobile Banking, pastikan nomor PNBP yang dimasukkan sudah benar. Selain itu, perhatikan juga jaringan internet dan sinyal ponsel anda untuk memastikan transaksi pembayaran berhasil dilakukan. Sebagai rekomendasi, anda juga dapat mengaktifkan fitur notifikasi pada aplikasi BNI Mobile Banking untuk memantau transaksi perbankan anda dengan lebih mudah.

Dengan begitu, kita dapat memanfaatkan layanan BNI Mobile Banking untuk memudahkan dan mempercepat proses cara pembayaran PNBP lewat BNI Mobile Banking ataupun melalui mesin ATM BNI.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Pembayaran PNBP Lewat BNI Mobile Banking dan ATM BNI

Populer

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x