Iklan

terkini

Memperbaiki Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan

Admin
1/13/22, 21:24 WIB Last Updated 2022-02-13T11:06:28Z

Siapa yang pernah mengalami hal yang sama seperti yang pernah saya alami beberapa waktu yang lalu dengan smartphone saya yang bermasalah dengan jaringannya sementara data seluler aktif tapi tidak bisa internetan, ternyata ada beberapa penyebab bisa terjadi seperti itu dan ahkirnya saya mencoba beberapa langkah untuk memperbaikinya.

Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan


Trouble jaringan pada perangkat handphone ini memang cukup sering dialami oleh sebagian orang yang menggunakan data seluler untuk internetan.


Bahkan seringkali masalah tidak bisa konek internet pada smartphone ini terjadi di saat-saat yang mendesak dan sangat urgent, sepeti mau menghubungi orang yang kalian perlukan dengan media sosial baik Whatsapp ataupun yg lain atau ketika kaian ingin melakukan pembayaran dengan Uang Digital pas kebetulan smartphon anda mendapatkan masalah seperti ini, pasti sangat menjengkelkan.



Apabila kita menilai keadaan seperti itu sepertinya masalah ini tidak bisa dianggap sepele karena bisa menimbulkan masalah baru atau bahkan kalian bisa dipermalukan oleh perangkat anda sendiri yang menyebabkan tidak bisa berjalannya semua sistem pada smartphone tersebut.


Penyebab Data Seluler yang Tidak Bisa Konek Internet.

Sebelum kalian putuskan untuk memperbaiki masalah jaringan pada smartphon tersebut terlebih dahulu kamu harus mengenali apa saja yang menjadi penyebab terjadina kendala jaringan seperti itu.


Ada beberapa masalah yang sering menimbulkan ternjadinya koneksi internet yang tidak bisa terjangkau atau terhubung dengan smartphone kamu diantaranya :


1. Terpasang limit pemakaian Data (Batas Data Seluler)

Limit pemaiakan data dimaksudkan supaya kalian bisa melakukan kontrol atas data yang kalian pakai setiap hari supaya tidak kebablasan dan berfungsi untuk membatasi pemakaian dalam jangka waktu tertentu.


Salah satu contoh diantaranya seperti yang saya lakukan supaya kuota saya bisa cukup satu bulan maka saya membatasi pemakaian kuota internet saja haya 500 MB/hari, jadi kalu pemakaian saya sudah mencapai batas tersebut maka secara otomatis jaringan data akan terputus dan tidak bisa konek lagi.


2. Jaringan APN yang Berubah/Salah

APN merupakan jalur akses untuk menetapkan jalur jaringan untuk semua konektivitas data seluler, Setiap Operator propaider mewajibkan Anda memasukkan pengaturan APN untuk mengatur layanan internet seluler.


Ketika jalur akses APN berubah maka akan mempunyani dampak yang berbeda terhadap kinerja jaringan internet
bis alebih baik, setabil atau bahkan hilang sama sekali alias tidak bisa konek internet

3. Koneksi Internet yang tidak Setabil

Tidak semua preangkat smartphone mempunyai kekuatan yang hebat dalam menangkap sinyal, baik disebabkan karena jarak yang jauh terhadap penyedia signal data ataupun karena ada masalah tang terdapat pada smartphone tersebut.


Ketidak setabilan signal tersebut bisa mengakibatkan blokir terhadap APN yang digunakan pada waktu itu sehingga smartphone tidak akan menerima koneksi tersebut


4. Masalah pada Kartu SIM

Pemakaian yang terus menerus dan memerlukan intensitas signal yang besar seperti memutar video online atau Video Call, melakukan rendering seperti converter online atau kegiatan lainnya dalam jangka waktu yang lama maka bisa mengakibatkan kinerja yang berlebihan 


Terjadinya benturan yang berakibat bergesernya pososi kartu SIM dari posisi yang seharusnya seperti karena jatuh, terpeleset, terbentur atau mengalami hal serupa lainnya.


Tak jarang Smartphone sampai mati sendiri atau melakukan restart dengan sendirinya dan bisa menimbulkan kerusakan paca IC memori kartu telephone tersebut sehingga tidak bisa lagi berfungsi secara maksimal.


5. Kuota Paket Data Habis

Samartphon anda akan terblokir oleh sistem provider dari pengguna data aktif apabila limit data internet kamu sudah habis.


Ketika kartu SIM terblokir maka kamu tidak diizinkan untuk mendapatkan akses internet.


Kemungkinan yang terjadi seperti masalah diatas sangat banyak dengan berbagai penyebab yang mungkin bisa terjadi pada smartphon secanggih apapun.


Hal seperti itu bagi seorang petugas Counter atau pegawai revarasi merupakan hal yang biasa dan bukan masalah serius, tapi bagi masyarakat awam masalah seperti itu merupakan hal yang serius.


Padahal sebenarnaya masalah seperti itu tidak lagi sebagai masalah yang serius bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara memperbaikinya, Berikut kami akan bahas cara memperbaikinya


Cara Memperbaiki Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan.

Setelah kita mengamati beberapa penyebab terjadinya masalah konektivitas jaringan internet pada sebuah smrtphone yaitu Penyebab Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan, tentu kalian akan merasakan dan bisa menebak hal apa saja yang telah kalian lakukan terhadap smartphon tersebut, sehingga kamu akan tau bagaimana cara memperbaikinya.


Berikut akan kami jelaskan baimana cara memperbaiki data seluler yang tidak bisa konek internet dengan melihap berbaigai penyebab yang sudah kita bahas sebelumnnya diatas.


1. Lakukan Pemeriksaan Setelan Limit Pemakaian Data

Apabila setelan pembatasan pemakaian data tersebut diaktifkan, maka efek yang terjadi pasti akan kehilangan konektifitas jaringan internet


Untuk memperbaikinya atau ingin menambah kuota tersebut maka ikuti langkah langkah sebagai berikut : 


  • Pilih Menu "Pengaturan"
  • Pilih Menu "Kartu SIM dan Data Seluler"
data -seluler-aktif-tapi-tidak-bisa-internetan-1


  • Gulir ke bawah Pilih Menu "Penggunaan Data"
data -seluler-aktif-tapi-tidak-bisa-internetan-2


  • Kamu pilih "Batas Data Seluler" 
data -seluler-aktif-tapi-tidak-bisa-internetan-3


  • Kamu bisa merubah "Batas Harian Data Seluler" sesuai dengan yang kamu butuhkan

Ketika batas seluler sudah diaktifkan dan ditambah maka akan kembali terkoneksi ke jaringan secara normal.


2. Penyesuaian jalur APN

Perubahan pada alamat APN bisa mengakibatkan kehilangan koneksi jaringan atau nyasar maka kalian bisa melakukan reset setting ulang APN sesuai dengan operator provider yang kamu gunakan. Sehingga kamu perlu melakukan reset APN secara tepat sesuai operator yang digunakan agar jaringan internet bisa aktif kembali secara normal dengan cara sebagai berikut :


  • Pilih Menu "Pengaturan"
  • Pilih Menu "Kartu SIM dan Data Seluler"
  • Pilih kartu yng dipakai jaringan Internet "SIM 1 atau SIM 2"
  • Klik Menu pada bagian "Nama Titik Akses"
  • Setelah Nama Titik Akses ditampilkan kamu bisa memilih menu dua titik diatas dan pilih Reset APN

Setelah APN direset maka jaringan akan menyesuaikan dengan jaringan yg terbaik untuk digunakn sementara bagi yang mengalami masalah padsa reset atau tidak bisa reset otomatis kamu melakukan penambahan kode APN secara Manual dan berikut adalah kode APN beberapa operator provider di indonesia yang banyak digunakan :


Tekomsel : 
TSEL-SNS > Internet 
TSEL-MMS > mms

Indosat : 
Indosat-SNS > indosatgprs
Indosat-MMS > indosatmms

XL GPRS : 
XL-SNS > Internet 
XL-MMS > mms

Dan masih banyak lagi yang lainnya kamu bisa mencari di berbagai media sementara yang paling mudah adalah dengan cara Reset APN secara otomatis karena untuk Smartphone saat ini sudah mendukung terhadap Reset otomatis.


3. Mengatasi Jaringan yang tidak setabil

Ketidak setabilan jaringan bisa diperbaiki dengan beberapa cara sesuai dengan penyebab yang dialami, apabila diakibatkan karena sinyal yang lemah maka kamu bisa memperkuat jaringan dengan cara memasang radar penguat signal yang banyak di jual di berbagai toko online atau mendekati sumber penyedia singgal propider yang kamu gunakan saat ini.


4. Mengatasi Masalah pada Kartu SIM 

Apabila yang kamu temui adalah masalah paba bagian kartu SIM dengan berbagai penyebab yang sudah kita bahas sebelumnya maka langkah penyelesaiannya adalah sebagai berikut:


  • Buka kartu Pada Smartphone kamu
  • Periksa keadaan kartu tersebut apakah ada bentol hitam pada bagian elemen signal
  • Apabila kamu menemukan kerusakan pada bagian Kartu sim secara fisik maka kamu harus menggantinya
  • Dan seandainya kondisi kartu tersebut masih dalam kondisi baik maka cukup kamu bersihkan dengan kain halus dan pasang kembali

5. Lakukan Pemeriksaan Paket Data

Dari sekian pengguna data internet saya pastikan diantara kalian ada yang pernah mengalami hal seperti ini yaitu kehabisan kuota yang tidak terkontol yang diakibatkan pemakaian sama anak-anak kita baik dengan memakai smartphone secara langsung atau melalui menu bagi data atau terhering, sehingga kamu tidak menyadari bahwa kuota kamu sudah dipakai oleh beberapa smartphone.


6. Lakukan Reset Smartphone

Senjata terakhir yang harus digunakan adalah Reset Smartphone mungkin merupakan hal yang paling diandalkan pada keadaan seperti itu, namun kamu harus waspada dan hati hati juga dalam melakukan Hardreset karena bisa kehilangan data.


Reset Smartphone juga ada 2 macam SoftReset dan HardReset

  • Softreset merupakan proses memulai kembalinya sistem untuk bekerja ulang atau matikan smartphone kalian kemudian nyalakan kembali
  • Hardreset adalah proses mengembalikan stelan ke setelan pabrik dan penghapusan seluruh data tambahan

7. Telphone Call Center Provider Kamu

Mungkin Customer service bisa membantu memperbaiki masalah yang kamu rasakan saatt ini, karena tidak boleh putus asa dalam melakukan hal apapun termasuk dalam memperbaiki perangkat kamu.


Demikian artikel cara mengatasi Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan ini kami bahas semoga bisa membantu kalian yang mengalami sebagian permasalahan diatas men menjadikan ilmu bagi diri kamu sendiri siapa tahu salah satu temen kamu mengalami hasalah itu dan kamu bisa membantunya.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Memperbaiki Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan

Populer

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x