Iklan

terkini

Daftar Kode Error BCA Mobile Begini Cara Mengatasinya

Melani Syihab
4/09/22, 10:42 WIB Last Updated 2022-05-01T16:30:27Z

Untuk mengetahui daftar kode error BCA Mobile atau sering juga disebut aplikasi M-BCA bisa dikatakan gampang namun bagi sebagian pengguna masih mendapatkan beberapa kesulitan yang cukup berarti.

Error BCA Mobile


M-Banking BCA merupakan bagian dari aplikasi BCA mobile, sebuah aplikasi  yang diluncurkan oleh bank BCA yang bergerak di layanan keuangan, kamu bisa mendapatkan BCA mobile melalui play Store atau App Store.

 

Jika kamu ingin menjadi pengguna m-Banking BCA, hendaknya kamu harus mendaftarkan diri sebagai nasabah baru, api jika kamu sudah terdaftar menjadi nasabah dan pernah menggunakan aplikasi BCA mobile sebelumnya kamu bisa melakukan verifikasi kembali.

 

Pada langkah ini masalah sering muncul pada saat akan melakukan verifikasi ulang sering terjadi error sehingga penggna yang tidak dapat menyelesaikan verifikasi tersebut secara sempurna.

 

Error pada BCA mobile kadang-kadang terjadi disaat aplikasi tersebut akan digunakan untuk melakukan transaksi atau pembayaran, tidak jalan sampai kan ditunda atau bahkan dibatalkan.


Penyebab Error BCA Mobile

Error BCA mobile bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja aplikasi m-BCA, kesalahan pada saat instalasi kartu nomor telepon yang terdaftar juga bisa mengakibatkan hal yang sama.

Penyebab Error BCA Mobile


Sebelum melakukan tindakan untuk mengatasi masalah, maka langkah yang paling penting adalah menganalisis penyebab yang menimbulkan masalah tersebut, Selengkapnya beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan error pada aplikasi m-bca :


Salah Pemasangan Slot Nomor Telpon yang Terdaftar di BCA Mobile

Bagi pengguna smartphone yang menggunakan dua kartu nomor telpon hendaknya berhati-hati pada saat melakukan pemasangan nomor telpon ke slot kartu telepon yang disediakan, karena kesalahan pada saat instalasi nomor telepon tersebut bisa mengakibatkan error pada aplikasi BCA mobile.

Slot untuk Kartu SIM 1 dan slot kartu SIM 2 mempunyai fungsi yang berbeda, apalagi kalau kamu termasuk pengguna yang memakai aplikasi m-bca.


Tumpukan File Cache pada Aplikasi

Jika sebelumnya kamu pernah menggunakan aplikasi BCA mobile maka tidak menutup kemungkinan bahwa file sampah yang tersimpan dalam aplikasi cukup banyak baik dari sampah transaksi ataupun sistem upgrade.

 Sampah file tersebut bisa mengganggu kinerja aplikasi bahkan mengakibatkan error dan tidak bisa digunakan.


Koneksi Internet Tidak Stabil

Tidak kalah pentingnya sekaligus merupakan hal paling mendukung dalam operasional Aplikasi online adalah jaringan internet yang kuat dan stabil supaya dapat menjalankan lalu lintas data yang baik.

 Nah.. jika jalur lalu lintas data internet terganggu maka otomatis proses untuk menampilkan data di HP akan terganggu atau error.


Aplikasi BCA Mobile Rusak atau Kadaluarsa

Pengguna BCA mobile bisa mengalami error yang disebabkan oleh aplikasi yang sudah lama tidak melakukan pembaharuan dan penyesuaian terhadap sistem yang tersedia pada server aplikasi di pusat layanan.

 

Spesifikasi System OS Tidak Mendukung

Hal yang sering dialami oleh pengguna smartphone yang memakai type lama atau sistem operasi lebih tua biasanya akan mengalami hal yang sama, bahkan sering muncul kalimat "aplikasi tidak didukung" artinya bahwa sistem operasi OS pada smartphone kamu tidak bisa dipasang aplikasi BCA mobile karena sudah Kadaluarsa.

 

Daftar Kode Error BCA Mobile

Bingung biasanya kalau sudah menemukan masalah errtr, ada beberapa jenis kode error yang mungkin bisa muncul pada setiap pengguna aplikasi BCA mobile diantaranya adalah sebagai berikut Daftar Kode Error BCA Mobile:

Daftar Kode Error BCA Mobile


Error Kode 101

Sistem BCA Mobile tidak mengenali Kartu SIM yang terpasang saat ini, mungkin karena kamu ganti Hp atau simcard. Karena Aplikasi BCA Mobile sudah di seting supaya hanya bisa terkoneksi dengan nomor telpon yang didaftarkan pada layanan BCA Mobile sebelumnya.

Jika sebelumnya melakukan penggantian kartu sim atau melaukan pemindahan posisi kartu SIM dari slot 1 ke slot SIM 2 maka pastikan bahwa nomor telpon terdaftar disimpan pada slot kartu Sim 1.

 

Error Kode 103

Artinya bahwa jaringan paket data dan koneksi internet yang digunakan saat ini berbeda dengan alamat paket data yang didaftarkan sebelumnya.  Apalagi jika kamu menggunakan internet dari wi-fi yang tersedia di lingkungan kamu tanpa didaftarkan dulu sebelumnya maka dipastikan akan muncul kode error 103.

 Terus pastikan kamu menggunakan paket data internet dari nomor kartu SIM yang terdaftar di BCA Mobile supaya koneksi aplikasi bisa dijalankan dengan normal.

 

Error Kode 213

Nah jika kamu menemukan Kode error 213 biasanya muncul karena adanya masalah pada file aplikasi yang hilang atau rusak disebabkan karena virus atau sistem pembersih file sampah pada aplikasi ponsel.

Cara memperbaiki kendala yang dialami seperti ini dengan melakukan pembaharuan update aplikasi BCA Mobile, namun jika belum berhasil Anda bisa menghapus aplikasi BCA Mobile kemudian pasang kembali.

 

Error Kode  205

Kode error 205 mempunyai maksud yang mirip dengan kode error 101 diatas,  sistem BCA Mobila tidak dapat mengenali identitas kamu, Jadi pastikan kartu sim terdaftar harus pada slot 1 termasuk jaringan internet yang akan digunakan juga menggunakan nomor SimCard yang sama.

 

Cara Mengatasi Error BCA Mobile

Berdasarkan analisis dari berbagai kasus di atas maka kita bisa mengambil cara mengatasi error BCA mobile dari tiap-tiap masalah yang dialami seperti contoh sebelumnya.

Cara Mengatasi Error BCA Mobile


Memastikan Posisi Kartu SIM dan jaringan internet

Jika kita pahami maka yang menentukan identitas pengguna BCA mobile diantaranya terletak pada kartu SIM dan nomor telepon, sehingga penggunaan dan penempatan kartu SIM yang terdaftar di BCA mobile harus berada pada slot SIM 1 dan menggunakan jaringan internet dari nomor telepon yang sama.

Membersihkan File Cache

Kamu harus rajin melakukan pembersihan data sampah melalui langkah-langkah berikut ini.

  • Buka menu pengaturan
  • Pilih aplikasi
  • Pilih kelola aplikasi
  • Cari BCA Mobile
  • Klik bersihkan cache

Melakukan Update atau Instal Ulang Aplikasi BCA Mobile

Setelah kamu menggunakan cara diatas tapi belum berhasil maka kamu bisa menggunakan cara yang ketiga yaitu dengan melakukan pembaharuan aplikasi dengan cara update ke Play Store untuk mendapatkan versi terbaru, namun jika hal ini tidak berhasil juga kamu bisa menghapus aplikasi BCA mobile kemudian pasang kembali


Upgrade OS atau ganti perangkat

Namun jika seluruh cara di atas sudah dicoba namun kamu belum mendapatkan hasil makam dapat kami pastikan bahwa sistem operasi pada smartphone kamu tidak mendukung untuk dipasang aplikasi bCA mobile versi terbaru.

 

Nah… kamu bisa mengantisipasinya dengan cara mengganti perangkat atau ganti HP ke model smartphone dengan sistem operasi versi terbaru dengan fasilitas fitur yang sudah mendukung seperti salah satunya facesensor atau fingerprint untuk memberikan perlindungan keamanan yang lebih baik.

 

Menghubungi call center BCA

Jika kamu tidak bisa menyelesaikan sendiri maka langkah yang terakhir kamu bisa meminta bantuan petugas bank BCA melalui call center BCA di nomor 1500888, kamu bisa menyampaikan seluruh kronologi permasalahan yang kamu alami dan mengikuti seluruh intruksi yang diarahkan oleh petugas BCA sampai proses selesai.

 

Kesimpulan pendapat diambil dari penjelasan diatas adalah bahwa kode error pada BCA mobile dapat terjadi karena keteledoran penggunanya atau karena perubahan sistem yang meningkat sehingga kamu perlu menyesuaikan kan dengan fasilitas perangkat yang kamu gunakan.

 

Jika kamu mengalami error BCA mobile seperti diatas transaksi tidak dapat diproses,maka kamu dapat mengatasinya sendiri dengan cara mengetahui terlebih dahulu daftar kode error BCA Mobile dan mengikuti langkah-langkah sesuai panduan seperti diatas untuk mengatasinya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Daftar Kode Error BCA Mobile Begini Cara Mengatasinya

Populer

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x