Iklan

terkini

Cara Upgrade kartu SIM 3G ke 4G yang Terdaftar di Perbankan

Melani Syihab
8/28/22, 21:18 WIB Last Updated 2022-08-28T14:18:20Z

Jika kalian punya anggapan bahwa kartu terdaftar di perbankan tidak bisa upgrade ke 4G itu sebenarnya pendapat yang salah. Padahal kamu bisa menggunakan cara upgrade kartu SIM 3G ke 4G yang terdaftar di Perbankan dengan mudah.

Cara Ganti kartu SIM ke 4G yang  terdaftar di Mobile Banking

Bagi pengguna kartu SIM 3G, kalian dapat melakukan upgrade ke model kartu SIM 4G dengan berbagai cara, diantaranya dapat melakukan upgrade secara mandiri melalui kode dial atau melakukan upgrade kartu 4G secara online di situs resmi provider pilihan anda.

 

Namun jika nomor telepon anda terdaftar pada Mobile Banking layanan perbankan, kalian tidak dapat mengganti dengan kartu SIM 4G yang dijual di counter biasa. Karena data identitas kartu SIM yang lama yang menyimpan data perbankan tidak dapat dipindahkan melalui metode dial-up.

 

Bahkan jika kamu memaksakan sendiri untuk melakukan upgrade ke kartu 4G maka kalian akan menemukan notifikasi "Maaf pada nomor terdaftar sebagai pengguna jasa perbankan" atau nomor yang anda menggunakan terbaik jasa perbankan mobile Banking atau internet banking.

 

Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan transaksi perbankan yang kalian gunakan melalui smartphone dengan menggunakan kunci pengamanan nomor telepon sehingga kamu harus mengganti nomor tersebut melalui grapari.

 

Cara Upgrade Kartu SIM 3G ke 4G yang Terdaftar di Perbankan

Kadang kita malas untuk melakukan upgrade kartu SIM ke 4G apalagi bagi yang nomor kartu sim tersebut terkait dengan aplikasi Mobile Banking. Sementara cara upgrade kartu SIM 3G ke 4G yang terdaftar di Perbankan harus tetap dilakukan di Grapari.

 

Apakah bisa upgrade kartu 3G ke 4G tanpa ke grapari? Bagi kartu SIM yang tidak terkait dengan aplikasi Mobile Banking kalian dapat melakukan upgrade kartu SIM melalui kode dial up *888*46# lalu ikuti arahan selanjutnya hingga proses upgrade selesai.

 

Cara mengubah kartu 3G ke 4G telkomsel tanpa ke grapari bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

  1. Buka menu panggilan telepon.
  2. Masukkan kode dial *888*46# lalu panggil.
  3. Pilih opsi 1 Upgrade Kartu ke 4G.
  4. Masukan kart baru tanpa mematikan HP.
  5. lalu pilih Ya.
  6. Simpan Token atau PIN yang tertera.
  7. Ganti kartu SIM 3G lama lalu masukan dengan kartu 4G.
  8. Buka kembali menu panggilan telepon.
  9. Hubungi lagi menggunakan kode *888*46#.
  10. Pilih menu 2 dan pilih Ya.
  11. Masukan nomor lama 3G .
  12. Masukkan nomor Token/PIN yang tadi disimpan lalu tekan Ya.
  13. Proses upgrade kartu Selesai.

 

Syarat Upgrade Kartu Telkomsel yang Terdaftar Mobile Banking di Grapari

Supaya dapat diselesaikan dengan cepat sebaiknya kalian harus mempersiapkan dulu persyaratan untuk upgrade kartu SIM ke 4G melalui grapari. Berikut merupakan persyaratan yang harus kamu Siapkan sebelumnya.

  • Ponsel sudah mendukung fitur 4G.
  • Siapkan eKTP atau paspor untuk WNA ASLI bukan coppy.
  • Bawa identitas pendukung seperti SIM, Kartu Keluarga atau Buku Rekening dengan mana yang sama.
  • Bawa kartu SIM yang akan diganti.
  • Harus mengingat 3 nomor yang pernah dihubungi dalam 1 bulan terakhir, untuk validasi pihak GraPARI.

 

Cara Ganti kartu SIM ke 4G yang  terdaftar di Mobile Banking

Langkah selanjutnya untuk melakukan upgrade kartu SIM ke 4G setelah kamu mempersiapkan seluruh persyaratan yang sudah kami Sebutkan diatas kalian tinggal mendatangi kantor GraPARI terdekat di wilayah anda sendiri. Berikut merupakan langkah-langkah cara ganti kartu SIM ke 4G yang  terdaftar di Mobile Banking selengkapnya.

  1. Datangi kantor GraPARI terdekat
  2. Ambil antrian Ke bagian pelayanan upgrade kartu.
  3. Setelah kamu dipanggil sampaikan permohonan untuk upgrade kartu ke 4G.
  4. Petugas akan meminta persyaratan yang sudah kami sampaikan diatas.
  5. Akan ada beberapa pertanyaan terkait penggunaan nomor telpon salah satunya adalah apakah nomor tersebut terkait dengan mobile banking atau tidak, silakan jawab sesuai keadaan sebenarnya.
  6. Kamu juga akan ditanyakan nomor siapa saja yang pernah dihubungi selama 1 bulan terakhir (usahakan kamu harus menghafal minimal 3 nomor yang dihubungi).
  7. Proses upgrade akan segera dilakukan oleh petugas
  8. Jika sudah selesai coba lakukan login di mobile banking yang kamu gunakan atau gunakan transaksi saat itu juga untuk memastikan bahwa nomor tersebut sudah berjalan kembali dengan normal.
  9. Jika ada kendala kamu bisa menyampaikan secara langsung kepada petugas sehingga dapat diperbaiki kembali saat itu juga.

 

Sekedar informasi tambahan bagi yang merasa bingung apakah kartu telkomsel 3g masih bisa digunakan? Untuk menggunakan layanan non jaringan internet seperti telepon, SMS tetap masih bisa digunakan. Hanya kartu telkomsel tersebut tidak bisa 4g atau tanpa jaringan internet.

 

Demikianlah informasi mengenai cara upgrade kartu SIM 3G ke 4G yang terdaftar di Perbankan yaitu dengan cara mendatangi langsung ke kantor GraPARI terdekat setelah kalian mempersiapkan seluruh persyaratan upgrade kartu SIM ke 4G dan mengikuti dan mengikuti langkah-langkah cara ganti kartu SIM ke 4G yang  terdaftar di Mobile Banking seperti diatas.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Upgrade kartu SIM 3G ke 4G yang Terdaftar di Perbankan

Populer

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x