Iklan

terkini

Cara Bayar PNBP Lewat Brimo : Paspor, Setoran KUA, SBN, BPN dan e-Tilang

Melani Syihab
11/06/22, 23:48 WIB Last Updated 2022-11-06T16:48:00Z

Bagi yang belum memahami cara bayar PNBP lewat Brimo, kalian dapat mempelajari berbagai jenis pembayaran PNBP selengkapnya pada artikel dibawah ini.

Cara Bayar PNBP Lewat Brimo : Paspor, Setoran KUA, SBN, BPN dan e-Tilang


Terdapat beberapa jenis Penerimaan Negara yang bisa dibayar melalui Aplikasi Brimo, seperti pembayaran Paspor, setoran KUA, SBN, BPN, pembayaran e-tilang atau pembayaran jenis penerimaan negara lainnya.

 

Berbagai jenis pembayaran PNBP tersebut dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi Brimo. Mengenai cara pembayaran simponi tersebut, bisa dilakukan dengan cara memilih setiap jenis pembayaran melalui penjelasan masing-masing.

 

Cara Bayar PNBP Lewat Brimo

Ada beberapa jenis cara bayar PNBP lewat Brimo. Pada dasarnya cara bayar kode billing di Brimo adalah menggunakan metode yang sama, karena seluruh jenis pembayaran tersebut termasuk jenis penerimaan negara bukan pajak.

 

Jenis penerimaan negara memang bermacam-macam yang berasal dari berbagai Kementerian atau lembaga yang mempunyai pendapatan termasuk penerimaan negara selain pajak. PNBP adalah jasa layanan negara yang harus dibayarkan oleh setiap penerima jasa layanan pemerintah.

 

Untuk memperoleh informasi mengenai tata cara pembayaran penerimaan negara bukan pajak melalui Brimo, berikut ini merupakan penjelasan secara rinci dari tiap-tiap jenis pembayaran PNBP.

 

Cara Bayar Paspor Lewat Brimo

Yang menjadi objek penerimaan negara bukan pajak yang sering kita temui adalah pembayaran paspor atau visa. Kalian dapat membayar paspor atau visa melalui Brimo dengan mengikuti cara bayar paspor lewat Brimo seperti dibawah.

 

Cara Bayar SBN Lewat Brimo

SBM adalah merupakan surat berharga negara yang atau surat pengakuan hutang yang pembayarannya dijamin oleh negara sesuai dengan masa berlaku. SBM juga merupakan pendapatan negara bukan pajak yang dapat dibayarkan melalui Brimo.

 

Cara Bayar BPN Lewat Brimo

Bagi lembaga pemerintah atau yang sejenisnya, termasuk salah satunya perguruan tinggi yang mempunyai pendapatan dari UKT dapat menyebarkan penerimaannya melalui aplikasi Brimo.

 

Cara Bayar PNBP Setoran KUA Lewat Brimo

Kantor Urusan Agama mempunyai kewenangan untuk mengeluarkan tagihan kepada setiap calon pengantin yang harus disetorkan ke kas negara. Penyetoran PNBP tersebut juga dapat dilakukan melalui aplikasi Brimo.

 

Cara Bayar e-Tilang Lewat Brimo                       

Bagi kalian yang mempunyai tagihan dari korlantas Polri karena pelanggaran penggunaan kendaraan atau Tilang, kalian dapat membayar tagihan e-tilang melalui Aplikasi BRI Mobile dengan mengikuti cara-cara pembayaran seperti dibawah ini:

 

Adapun tata cara bayar PNBP lewat Brimo tersebut kamu dapat mengikuti langkah-langkah seperti berikut ini :

  1. Buka aplikasi Brimo.
  2. Pilih menu Lainnya.
  3. Pada Bagian Pajak & Retribusi pilih menu Penerimaan Negara (MPN).
  4. Masukkan Nomor Pembayaran/Billing MPN Simponi lalu klik lanjutkan.
  5. Informasi detail PNBP akan ditampilkan, Jika sesuai klik Selanjutnya.
  6. Masukan PIN Brimo lalu klik Selanjutnya.
  7. Struk Pembayaran akan segera muncul, Simpan atau Cetak sebagai bukti setoran sebagai bukti.

 

Semua jenis pembayaran PNBP tersebut pada dasarnya menggunakan metode yang sama yaitu menggunakan kode billing dari aplikasi Simponi yang bisa dibayar melalui aplikasi Brimo atau melalui ATM BRI.

 

Demikianlah beberapa tahapan mengenai cara bayar PNBP lewat Brimo yang dapat kalian ikuti untuk membayar kewajiban anda yang kemungkinan suatu saat diperlukan untuk membayar salah satu jenis PNBP seperti di atas.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Bayar PNBP Lewat Brimo : Paspor, Setoran KUA, SBN, BPN dan e-Tilang

Populer

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x