Iklan

terkini

Cara Membuat Pertanyaan dan Cara Melihat Jawaban di Google Form

Melani Syihab
11/18/22, 21:48 WIB Last Updated 2022-11-18T14:48:16Z

Cara membuat google form merupakan salah satu kemampuan yang mesti dipelajari untuk melengkapi kemampuan kita dalam bidang IT, google form sangat bermanfaat untuk menunjang pekerjaan yang berkaitan dengan klien, murid atau masyarakat untuk keperluan tertentu.

Cara Membuat Pertanyaan dan Cara Melihat Jawaban di Google Form

Google form adalah lembar kerja dalam bentuk formulir yang dapat dibagikan melalui Link dan dapat diakses secara online bagi siapa saja yang mempunyai alamat tersebut. Mungkin kamu juga pernah melihat contoh google form dalam bentuk absen, kuisioner atau dalam bentuk pertanyaan lainnya.

 

Google formulir mulai marak digunakan sejak adanya covid 19 yang membuat seluruh pekerjaan dan kegiatan pendidikan harus dilakukan secara online, bahkan tidak menutup kemungkinan kita juga bisa memanfaatkan google form untuk membantu menunjang kegiatan atau pekerjaan kita.

 

Jelas cara buat google form perlu dikuasai dan dipelajari secara mendalam, baik cara membuat google form di hp ataupun cara membuat google form di laptop karena pada dasarnya cara bikin google form di hp dan di laptop juga menggunakan metode yang sama.

 

Buat google form di hp lebih simple tapi terbatas dengan media pengolahan data. Antara Jika kamu membuat Google form di laptop lebih leluasa baik pada saat membuat format formulir ataupun saat mengolah jawaban yang sudah masuk di google form.

 

Cara Membuat Google Form

Bagi kalian yang belum memahami cara membuat google form, mari kita sama-sama belajar bagaimana membuat google form di Hp atau di laptop supaya bisa menampilkan pertanyaan yang menarik dan mudah di pahami.

 

Mulai dari menentukan ukuran header google form, cara menyisipkan gambar header dan cara membuat pertanyaan hingga cara mengolah jawaban yang masuk di Google form. Namun jika kamu menggunakan cara buat google form di hp akan sedikit mengalami kesulitan jika kamu ingin mendesain tampilan Google Chrome dengan gambar header yang harus diolah pada aplikasi pengolah gambar.

 

Beda lagi Jika kamu menggunakan laptop untuk membuat Google form kamu bisa dengan leluasa menentukan desain google form sesuai dengan kebutuhan. Seperti untuk membuat soal ujian, tes online atau absensi online.

Berikut ini merupakan tahapan cara membuat Google form selengkapnya.

  1. Silahkan login di akun Google kamu
  2. Masukkan alamat docs.google.com/forms Lalu enter
  3. Kamu dapat memilih template yang sudah ada yang mirip dengan formulir yang akan kamu buat.
  4. Atau bisa juga memilih tanda + untuk membuat formulir baru yang sesuai keinginan.
  5. Buat judul formulir sesuai kebutuhan
  6. Tambahkan pula deskripsi formulir di bagian kolom ke-2
  7. Kamu juga bisa menyisipkan gambar di bagian header.
  8. Selanjutnya kamu bisa membuat formulir pertanyaan atau kuis dan sejenisnya sesuai kebutuhan.

 

Harga kamu bisa mengetahui lebih banyak tentang Desain google form, kamu bisa mempelajari dari template Google form yang sudah disediakan untuk menambah pengalaman dalam pembuatan Google form yang lebih menarik dan lebih fleksibel.

 

Cara Membuat Pertanyaan di Google Form

Cukup banyak manfaat yang dapat dirasakan dari Google form, diantaranya kita bisa membuat soal ujian online, membuat absensi online, membuat kuesioner sekaligus kita bisa membuat kunci jawaban di Google form sebagai pilihan dari pertanyaan yang kita buat.

 

Mengenai tahapan cara membuat soal di google form atau cara membuat kunci jawaban di Google form termasuk cara membuat absen di Google form pada dasarnya menggunakan metode yang sama dan dapat kamu lakukan dengan mudah seperti petunjuk dibawah ini :

 

  1. Di bagian bawah header akan muncul sebuah menu kosong yang siap untuk diisi dengan pertanyaan.
  2. Tulis pertanyaan yang diperlukan.
  3. Ubah ukuran huruf ketebalan atau gaya huruf melalui menu yang ada dibawahnya.
  4. Selain teks kamu juga bisa memasukkan gambar dengan menyisipkan melalui tombol sisipkan gambar di samping kanan.
  5. Tentukan jenis soal yang kamu gunakan Apakah berupa pilihan ganda atau centang kotak atau harus dijawab sejarah singkat dalam bentuk paragraf.
  6. Kemudian lanjutkan ke kolom di bawahnya untuk membuat pilihan jawaban, jika soal dalam bentuk pilihan ganda.
  7. Kamu bisa menyesuaikan kunci jawaban sesuai pertanyaan yang ada.

 

Jika formulir tersebut dalam bentuk google form untuk ujian, maka jawabannya dalam bentuk pilihan ganda atau jawaban singkat. Atau jika kamu kamu membuat pertanyaan dalam bentuk kuisioner maka cara membuat kuesioner di google form tersebut menggunakan metode yang sama seperti cara membuat soal pilihan ganda.

 

Cara Melihat Jawaban di Google Form

Sedangkan cara mengetahui jawaban di google form dapat kita lakukan dengan mudah, kamu tinggal memilih menu jawaban pada bagian Google form di bagian atas. Dan jawaban tersebut bisa kamu ambil dengan cara menekan tombol membuat spreadsheet maka jawaban akan terbentuk dalam sebuah file Excel spreadsheet.

 

Selain itu juga kamu bisa menyesuaikan setelan pada bagian jawaban supaya kamu bisa memperoleh file jawaban yang sesuai. Sehingga kamu dapat memperoleh jawaban dengan cara melihat kunci jawaban google form dengan mudah.

 

Cara Membuat Link Google Form

Jika formulir selesai dibuat maka untuk membagikan formulir tersebut dapat menggunakan beberapa cara, diantaranya bisa dikirim melalui email, atau dibagikan melalui link google form dan bisa juga disematkan melalui halaman web dengan menggunakan kode html yang sudah disediakan.

 

Cara untuk membagikan formulir Google form dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah seperti di bawah ini :

  1. Pada bagian Google Chrome di bagian kanan atas tekan tombol kirim
  2. Jika formulir tersebut mau dibagikan melalui email maka Klik tombol email
  3. Masukkan email yang akan dikirim formulir
  4. Centang tombol sertakan formulir di dalam email
  5. Lalu Klik tombol kirim.

 

  • Jika formulir mau dikirim melalui link maka Klik tombol link
  • Alamat link kuesioner akan ditampilkan kemudian Klik tombol salin.
  • Kalau muslim tersebut dapat dibagikan melalui sosial media seperti wa ataupun Messenger lainnya.

 

  • Yang terakhir jika kamu ingin membagikan formulir melalui halaman web kamu bisa menekan tombol sematkan html.
  • Lalu salin kode html yang sudah muncul
  • Kemudian sematkan kode html tersebut pada web yang akan dijadikan tempat menampilkan formulir.

 

Seperti itulah penjelasan mengenai Google form dan mungkin kalian sudah memahami apa itu google form, dan sekarang sudah bisa menggunakan google form untuk kepentingan pekerjaan.

 

Jika sudah selesai cara membuat google form ataupun soal kamu tidak perlu menyimpan secara manual karena setiap perubahan akan tersimpan secara otomatis. Sehingga cara menutup google form tinggal menekan tombol close yang ada di bagian kanan atas.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Membuat Pertanyaan dan Cara Melihat Jawaban di Google Form

Populer

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x