Iklan

terkini

Cara Install Zoom Meeting di HP Smartphone dan Laptop

Admin
12/31/21, 14:39 WIB Last Updated 2022-02-13T11:10:05Z

Cara Install Zoom Meeting di HP Smartphone dan Laptop - Zoom Meeting adalah sebuah aplikasi komunikasi video virtual seperti layaknya videocall yang bisa di gunakan oleh beberapa orang sekaligus.


Cara Install Zoom Meeting di Smartphone dan Laptop


Aplikasi Zoom Meeting saait ini semakin populer digunakan di berbagai kalangan mulai dari perusahaan ataupun lembaga pemerintahan situasi Covid-19 membuat aplikasi ini semagin diperlukan dalam menunjang kegiatan perusahaan dan pelaksanaan pemerintahan


Berbagai kegiatan yang memerlukan tatap muka dilakukan secara virtual, mulai dari seminar atau webinar, rapat kantor, kegiatan pembelajaran hingga pertemuan keluarga dikakuan denga Zoom Meeting. 


Bagaimana Cara Install Zoom Meeting di HP dan Laptop


Disini kamu akan mengetahui bagai mana cara memasang aplikasi Zoom untuk HP dan Laptop kemudian bagaimana cara mengunakannya dan apa saja kelebihan dari aoplikasi Zoom tersebut.


Sebelum melangkah ke pemasangan Zoom di Smartphone atau Laptop kalian perlu diperhatikan bahwa ada beberapa kriteria yang harus kalian siapkan pada perangkat yang akan kamu pasang diantaranya yaitu :


Spesifikasi perngakat penunjang Zoom


Pastikan kamu terhubung dengan internet berkecepatan minimal 3G. Zoom Meeting akan menyesuaikan kualitas gambar dengan bandwidth internetmu, tapi kamu harus memiliki bandwidth dengan minimal 600kbps hingga 1,2Mbps.

Jika menggunakan laptop dengan sistem operasi (OS) Windows, pastikan OS yang kamu miliki adalah Windows 7 ke atas dan jika menggunakan MacOS, Zoom Meeting dapat diinstal dengan minimal MacOS X di atas versi 10.10

Jika menggunakan perangkat tablet Apple (iPad), pastikan kamu menggunakan OS minimal iPadOS 13 ke atas dan untuk HP dengan iOS, gunakan minimal iOS 8 ke atas. Namun, jika menggunakan HP Android, kamu harus mempunyai OS minimal 5.0x Lollipop keatas.

Pastikan perangkat anda memiliki kamera dan mikrofon yang bisa berfungsi agar pengalaman menggunakan Zoom Meeting bisa lebih maksimal.

Kalau Spesifikasi perangkat kamu sudah memenuhi syarat yang diminta minimal sama atau lebih baik daripada perangkat yang diperluakn, selanjutnya kita ikuti cara pemasangannya.


Cara Install Zoom di Laptop


  • Kunjungi halaman download Zoom Meeting atau klik Di https://zoom.us/download
  • Pilih Softwere yang sesuai dengan Perangkat yang kalian gunakan ada Zoom Klien untuk Rapat, Plugin Zoom untuk Microsoft Outlook, Plugin Zoom untuk IBM Notes dan Ekstensi Zoom untuk Peramban
  • Setelah kamu sudah mendapat pilihan yang cocok klik Download atau Unduh maka secara otomatis kamu akn mendapatkan file ZoomInstaller
  • Lakukan Boubleclick pada file tersebut maka Zoom akan terpasang dengan sendirinya
  • setelah Aplikasi Zoom terinstal maka tampilan pertamanya adalah seperti ini
Install Zoom Meeting


  • Pilih Done dan Instal Zoom selesai siap digunakan

Cara Install Zoom di Smartphone Android atau Iphone


  • Buka Play Store Atau AppStore kalian
  • Cari dengan menggunakan kata kunco Zoom
  • Setelah Aplikasi ditemukan klik tombol Install
  • Tunggu sampai proses Install Zoom selesai 


Cara menggunaka Aplikasi Zoom Meeting


Setelah Aplikasi Zoom terinstal pada komputer, laptop atau Smartphone kalian maka tampilan pertamanya adalah seperti ini

Menggunakan Zoom Meeting

Apabila kalian akan menjadi Admin maka kamu harus memilih tombol SignIn dan kamu akan menjadi pengundang meeting 

Sedangkan menu Join a Meeting kamu hanya akan bisa mengikuti undangan meeting saja

Untuk membuat ruang Meeting baru Pilih Tombol New Meeting dan kamu tinggal mengundang siapa saja yang akan kamu ajak rapat

Untuk membuat rencana rapat pilih menu Schedule dan kamu bisa merencanakan kapan rapat itu akan dimulai dan sekaligus kamu bisa membagikan ID Zoom dan pasword nya sebagai undangan


Keunggulan Zoom Meeting


Selain Zoom ada berbagai platform yang bisa kamu pakai dalam melakukan video call conference, mulai dari Google Meet, Skype, FaceTime, hatsupp  dan sebagainya. Tapi kenapa harus menggunakan Zoom Meeting ? ternyata ini kelebihannya :


Video yang ditampilkan dalam ukuran high definition (HD) gambar berkualitas tinggi yang bisa dinikmati oleh semua pengguna, bahkan untuk akun gratis.

Bisa menampung hingga 500 peserta meeting (bahkan 1000 peserta dengan tambahan biaya).

Mempunyai Breakout Rooms dan Waiting Room kamu bisa menikmati fitur Breakout Room untuk melakukan meeting atau membagi anggota video call menjadi beberapa kelompok

Fitur virtual background, kamu bisa mengganti background gambar pilihanmu, dan juga bisa memperbaiki tampilanmu di Filter Video dan Studio Effects.

Menawarkan kemudahan akses. Tak terbatas hanya digunakan di laptop, kamu juga bisa menggunakan Zoom Meeting melalui Smartphone dan perangkat lainnya.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Install Zoom Meeting di HP Smartphone dan Laptop

Populer

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x