Iklan

terkini

Jika Ganti Kartu ATM Apakah Nomor Rekening Berubah, Ini Penjelasannya

Melani Syihab
8/10/22, 23:56 WIB Last Updated 2022-08-11T11:41:41Z

Jabar, MediaNet.id - Tidak sedikit yang meragukan. Jika ganti kartu ATM apakah nomor Rekening berubah? Kami pastikan jawabannya bahwa nomor rekening tidak akan berubah sekalipun mengalami pergantian kartu ATM berkali-kali.

Apakah Ganti Kartu ATM Nomor Rekening Berubah, Ini Penjelasannya

Permasalahan yang dapat mengakibatkan penggantian kartu debit biasanya disebabkan oleh beberapa masalah diantaranya karena kehilangan, kerusakan atau karena sebab lain sehingga mengakibatkan kartu ATM tidak bisa digunakan.

 

Mungkin kalian punya anggapan yang salah bahwa mengganti kartu ATM merupakan layanan satu paket yang bisa mengakibatkan perubahan nomor rekening padahal kartu ATM merupakan fasilitas layanan tambahan dari nomor rekening.

 

Nomor Rekening Bank

Nomor Rekening adalah kode identitas nasabah pada sebuah Bank yang terdiri dari beberapa digit nomor untuk menyimpan uang. Namun seiring dengan perkembangan sistem perbankan, saat ini rekening mempunyai banyak fungsi dan manfaat untuk berbagai keperluan keuangan.

Nomor Rekening Bank

Perkembangan teknologi yang diterapkan pada sistem keuangan modern yang saat ini melahirkan berbagai jenis layanan digital untuk mempermudah nasabahnya pada saat melakukan transaksi keuangan dalam sebuah rekening.

 

Produk teknologi yang diterapkan pada rekening Bank diantaranya adalah kartu ATM atau kartu debit, mobile Banking, internet Banking dan berbagai jenis produk lainnya untuk mendukung penggunaan rekening dengan cara yang lebih mudah dan sederhana.

 

Kartu ATM /Kartu Debit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa, kartu ATM adalah produk layanan dari sebuah rekening bank untuk mempermudah transaksi penarikan atau pengiriman uang yang dapat dilakukan kapan saja melalui mesin ATM tanpa harus mendatangi kantor bank.

Kartu Debit

Dengan demikian bahwa kartu ATM merupakan sebuah fasilitas yang diberikan oleh sebuah bank terhadap nasabahnya dengan tujuan supaya bisa melakukan penarikan uang tanpa harus menggunakan buku rekening

 

Jadi dapat disimpulkan bahwa kartu ATM atau kartu debit bukanlah merupakan hal yang utama pada sebuah rekening karena kartu ATM merupakan pelengkap yang akan diberikan kepada seluruh nasabahnya.

Apakah Kartu ATM Harus Diganti

Jika dilihat dari fungsi dan manfaatnya ATM sangat penting untuk digunakan, namun tidak jarang ATM juga dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga kartu ATM mempunyai Batas penggunaan tertentu sesuai dengan jenis kartu ATM di tiap bank.

 

Lalu Bagaimana jika kartu ATM sudah memasuki batas maksimal penggunaan atau mencapai limit waktu penggunaan, apakah kartu ATM harus diganti?

 

Jika kalian melihat pada kartu ATM yang kalian miliki maka ada dua jenis nomor yang terdapat pada muka kartu ATM atau kartu debit, yaitu nomor seri ATM dan tanggal kadaluarsa kartu ATM dengan menggunakan format bulan/tahun.

 

Tanggal kadaluarsa tersebut merupakan batas akhir penggunaan kartu ATM, jika kalian sudah melebihi batas tanggal tersebut maka sistem Bank akan memblokir penggunaan kartu ATM tersebut sehingga kartu debit tidak bisa digunakan.

 

Lalu Bagaimana jika kartu ATM sudah tidak bisa digunakan, maka langkah satu-satunya adalah mengganti kartu ATM dengan kartu debit yang baru melalui petugas customer service bank bersangkutan supaya kalian dapat melakukan transaksi kembali melalui kartu ATM.

 

Jika Ganti Kartu ATM Apakah Nomor Rekening Berubah?

Ini merupakan pembahasan utama, Jika ganti kartu ATM apakah nomor Rekening berubah? Tentu tidak, Karena rekening merupakan induk dari kartu ATM, sehingga jika kalian mengganti kartu ATM tidak akan merubah nomor rekening.

 

Setelah kita melihat pembahasan diatas mengenai apa itu nomor rekening dan Apa yang disebut dengan kartu ATM sudah dapat kita simpulkan bahwa kartu ATM adalah fasilitas layanan tambahan dari rekening sebuah bank yang berfungsi untuk memberikan lebih banyak kemudahan dalam penggunaan rekening.

 

Bahkan walaupun kartu ATM kalian tidak mengalami kerusakan atau kehilangan, Jika kartu ATM kamu sudah mencapai batas limit penggunaan maka tetap saja kartu debit ATM kamu harus tetap diganti.

 

Demikianlah informasi mengenai pertanyaan " Jika ganti kartu ATM apakah nomor Rekening berubah " maka pada penutup kali ini Sekali lagi kami jelaskan bahwa mengganti kartu ATM wajib dilakukan setelah mencapai batas maksimal penggunaan kartu debit walaupun kartu ATM kamu masih dalam keadaan baik dan kami pastikan bahwa nomor rekening tidak akan berubah.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jika Ganti Kartu ATM Apakah Nomor Rekening Berubah, Ini Penjelasannya

Populer

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x