Iklan

terkini

Cara Bayar Paspor Online Lewat Brimo dan ATM BRI Paling Mudah

Melani Syihab
9/12/22, 21:30 WIB Last Updated 2022-10-04T04:18:31Z

Cara Bayar Paspor Online Lewat Brimo dan ATM BRI – Untuk pengguna yang baru saja menyelesaikan proses pembuatan paspor online di melalui m-pospor, namun masih bingung cara pembayaran paspor online menggunakan Brimo atau ATM BRI, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi kamu akan menemukan jawabannya pada artikel ini.


Cara Bayar Paspor Online Lewat Brimo dan ATM BRI

 

Sekarang kamu bisa membayar biaya pembuatan paspor online dengan menggunakan metode pembayaran online lewat Brimo atau melalui mesin ATM.

 

Melalui cara pembayaran paspor online, selain lebih efektif kalian kamu juga mempunyai kebebasan untuk melakukan pembuatan billing ataupun pembayaran paspor online kapan saja tidak perlu meluangkan waktu khusus.

 

Jika kamu melakukan pembayaran paspor online melalui Bank BRI secara langsung, kalian tidak akan dikenakan biaya tambahan, cukup hanya membayar biaya pendapatan negara bukan pajak (PNBP) Biaya pembuatan paspor saja sehingga jauh lebih murah.

 

Namun apakah aman membayar paspor online lewat bank BRI? Pembayaran secara langsung melalui bank yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menerima pendapatan negara salah satunya adalah Bank BRI jauh lebih aman daripada menggunakan cara lain.

 

Karena kalian dapat memperoleh bukti pembayaran yang sah berupa struk pembayaran yang langsung masuk ke rekening pemerintah selaku penerima pendapatan negara.

 

Lalu bagaimana cara bayar paspor online melalui Brimo dan ATM BRI tersebut? Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mari kita simak pembahasannya hingga akhir artikel ini.

 

Cara Bayar Paspor Online

Cara Bayar Paspor Online bisa dilakukan melalui bank BRI secara online pula sehingga tidak perlu mendatangi Kantor Bank secara langsung. Kamu dapat memanfaatkan fasilitas layanan BRI Mobile Banking melalui aplikasi Brimo atau bisa juga melalui ATM Bank BRI.

 

Bagi yang kurang memahami mengenai langkah-langkah cara pembayaran paspor online menggunakan Kedua jenis layanan bank BRI tersebut, disini akan kami bahas satu persatu secara jelas dan mendetail supaya kalian mudah memahami.

 

Namun ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pembayaran paspor online melalui Brimo atau menggunakan mesin ATM BRI, pastikan kalian sudah mempunyai kode ID billing dari aplikasi m-paspor untuk pembayaran paspor tersebut.

 

Bayar Paspor Online Lewat Brimo BRI

Jenis pembayaran paspor online yang pertama adalah melalui aplikasi mobile Banking BRI (Brimo). Berikut ini adalah cara bayar paspor online lewat Brimog BRI selengkapnya :

  1. Silahkan login di aplikasi Brimo
  2. Pada halaman utama pilih menu "Lainnya"
  3. Lalu silakan klik menu "Pajak & Retribusi"
  4. Kemudian Masukkan 15 digit Kode ID Billing dari M-paspor lalu klik lanjutkan
  5. Jika data pembayaran sudah sesuai klik Konfirmasi pembayaran
  6. Lalu masukkan pin transaksi Brimo BRI
  7. Notifikasi pembayaran akan segera ditampilkan
  8. Simpan bukti pembayaran untuk di cetak sebagai bukti pembayaran yang sah

 

Jika kalian tidak mendapatkan kan bukti pembayaran melalui brimo atau lupa menyimpan bukti pembayaran, bukti penerimaan negara juga akan dikirimkan melalui email yang terdaptar di aplikasi brimo.

 

Sementara Limit pembayaran reguler menggunakan aplikasi Brimob adalah sebesar 100 juta rupiah, sedangkan untuk limit premium adalah 300 juta rupiah. Apabila Pembayaran sudah melebihi limit tersebut kamu dapat membayar pnbp secara langsung ke kantor BRI terdekat.

 

Bayar Paspor Online Lewat ATM BRI

Sedangkan jika kalian mau melakukan pembayaran paspor melalui ATM BRI, kalian tinggal mengikuti langkah-langkah cara bayar paspor online lewat ATM BRI selengkapnya seperti berikut ini:

  • Masukkan kartu debit BRI
  • Ketik PIN ATM
  • Pilih ATM berlogo BRI
  • Pilih Transaksi lain
  • Pilih menu Pembayaran
  • Pilih pembayaran Lainnya
  • Pilih lagi transaksi pembayaran Lainnya
  • Lalu pulih pembayaran MPN
  • Masukan 15 digit ID Billing dan tekan benar
  • Informasi pembayaran akan ditampilkan, Jika sudah sesuai pilih YA
  • Tunggu hingga struk keluar dari mesin ATM.
  • Simpan bukti tersebut sebagai bukti pembayaran yang syah.

 

Supaya diperhatikan bahwa bukti pembayaran tersebut merupakan salah satu syarat untuk pengambilan paspor asli di kantor imigrasi jadi kamu harus menyimpan bukti tersebut dengan aman, karena jika tidak mempunyai bukti pembayaran kamu harus mencari bukti pembayaran melalui media lain salah satunya melalui email.

 

Perlu diingat juga bahwa pada saat pengambilan paspor di kantor imigrasi kalian harus membawa perlengkapan data diri sesuai dengan nama pendaftar melalui m-paspor, termasuk membawa bukti pembayaran PNBP dari ATM atau mobile banking BRI.

 

Demikianlah rangkaian informasi mengenai cara bayar paspor online lewat Brimo dan ATM BRI yang dapat kalian ikuti sebagai panduan pembayaran paspor online supaya lebih mudah.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Bayar Paspor Online Lewat Brimo dan ATM BRI Paling Mudah

Populer

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x