Iklan

terkini

Cara Pembayaran Paspor Online Lewat Livin dan ATM Mandiri

Melani Syihab
9/11/22, 14:00 WIB Last Updated 2022-10-04T04:18:19Z

Cara Pembayaran Paspor Online Lewat Livin dan ATM Mandiri - Bagi yang baru saja membuat paspor online di aplikasi m-pospor, namun masih merasa ragu mengenai cara pembayaran paspor online lewat Livin atau ATM Mandiri saat ini kamu berada di artikel yang tepat.


Cara Bayar Paspor Online Lewat Livin dan ATM Mandiri


Saat ini kalian dapat membayar administrasi pembuatan paspor online dengan cara membayar paspor online lewat Livin Mandiri atau melalui ATM.

 

Selain dapat mengefektifkan waktu pembuatan paspor Kalian juga akan terbebas dari praktik percaloan pembuatan paspor. Karena tidak sedikit orang yang terkena tipu daya calo nakal yang memanfaatkan calon pembuat paspor dengan biaya yang sangat besar.

 

Sedangkan jika kamu membayar biaya pembuatan paspor online melalui Bank Mandiri secara langsung, kamu tidak akan dikenakan biaya jasa lain hanya membayar biaya pendapatan negara bukan pajak jasa pembuatan paspor saja, sehingga dapat dipastikan jauh lebih murah.

 

Kemudian apakah aman membayar paspor online lewat bank Mandiri? Tentu saja pembayaran secara langsung melalui bank persepsi yang sudah ditunjuk oleh pemerintah untuk menerima pendapatan negara salah satunya Bank Mandiri jauh lebih aman daripada dititipkan kepada calo pembuat paspor.

 

Lalu bagaimana cara bayar paspor online dari livin dan ATM Mandiri tersebut? Mari kita simak pembahasan selengkapnya hingga akhir artikel ini.

 

Cara Pembayaran Paspor Online

Cara Bayar Paspor Online dapat dilakukan melalui bank Mandiri bahkan tidak perlu mendatangi Kantor Bank secara langsung. Kalian dapat memanfaatkan fasilitas layanan mandiri online melalui aplikasi Livin by Mandiri atau bisa juga menggunakan ATM Bank Mandiri.

 

Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih lengkap mengenai langkah-langkah cara pembayaran paspor online menggunakan Kedua jenis layanan tersebut, berikut ini akan kami jelaskan satu persatu secara rinci dan mendetail supaya mudah dipahami.

 

Namun ada yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pembayaran paspor online melalui Livin Mandiri atau menggunakan mesin ATM yaitu itu kode pembayaran yang disebut dengan istilah ID billing yang merupakan rekening penerimaan negara bukan pajak jasa pembayaran paspor.

 

Pembayaran Paspor Online Lewat Livin Mandiri

Metode pembayaran paspor online yang pertama adalah melalui aplikasi mobile Banking Livin by Mandiri. Berikut ini adalah cara bayar paspor online lewat living Mandiri selengkapnya :

  1. Lakukan login di aplikasi Livin by Mandiri
  2. Pada halaman utama pilih menu "Bayar"
  3. Lalu silakan klik menu "Pajak"
  4. Pada kolom Penyedia Jasa pilih "Pajak/PNBP/Cukai"
  5. Kemudian langkah selanjutnya Masukkan Kode ID Billing dari M-paspor lalu tekan lanjutkan
  6. Konfirmasi pembayaran jika data pembayaran sudah sesuai
  7. Lalu masukkan pin transaksi Livin by Mandiri
  8. Notifikasi pembayaran akan segera muncul
  9. Simpan bukti pembayaran atau cetak sebagai bukti pembayaran yang sah
  10. Print bukti transaksi untuk pengambilan paspor.

 

Pembayaran Paspor Online Lewat ATM Mandiri

Sementara jika kamu mau melakukan pembayaran paspor online melalui ATM Mandiri, berikut ini merupakan langkah-langkah cara bayar paspor online lewat ATM Mandiri selengkapnya seperti berikut ini:

  1. Masukkan kartu debit Mandiri
  2. ketik PIN ATM
  3. Pilih menu Bayar/Beli
  4. Lalu pilih Penerimaan Negara
  5. Tekan memu Pajak/PNBP/Cukai
  6. Sekarang Masukkan Kode Billing
  7. Lalu Konfirmasi Pembayaran dan tekan angka 1 orang
  8. Bukti pembayaran akan tercetak dari mesin ATM.

 

Harap simpan bukti pembayaran tersebut sebagai bukti pengambilan paspor asli di kantor imigrasi pendaftaran paspor online.

 

Perlu diingat juga bahwa pada saat pengambilan paspor di kantor imigrasi kalian harus membawa perlengkapan data diri sesuai pendataan melalui m-paspor, termasuk membawa bukti pembayaran pnbp dari ATM atau mobile banking Mandiri.

 

Demikianlah seputar informasi mengenai cara bayar paspor online lewat Livin dan ATM Mandiri yang dapat kalian ikuti Sebagai panduan pembayaran paspor secara online supaya lebih mudah.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Pembayaran Paspor Online Lewat Livin dan ATM Mandiri

Populer

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x