Iklan

terkini

Memulihkan Akun Facebook yang Diretas Begini Caranya

Melani Syihab
1/14/22, 15:23 WIB Last Updated 2022-01-14T08:23:48Z

Ketika menemukan akun Facebook Anda Tidak bisa masuk atau tidak bisa login facebook itu tandanya akun kamu sudah diambil alih oleh orang lain atau diretas. Dizaman secanggih ini memang serba dipermudah tapi jangan salah kemudahan-kemudahan tersebut apabila tidak dibarengi dengan perlindungan keamanan yang lebih cangging maka seperti itulah yang akan terjadi, Kamu akan mengorbankan tenaga dan waktu kamu untuk memulihkan akun Facebook Anda ke tangan yang sah.

Facebook Hack

Saya akan memberikan panduan untuk melakukan proses pemulihan. Kemudian saya akan memberikan beberapa petunjuk keamanan yang dapat Anda ikuti untuk mencegah kejadian buruk ini terjadi kembali pada anda atau keluarga, atau setidaknya mengurangi kemungkinan terjadi hal yang sama.


3 Penyebab yang mengakibatkan Akun Facebook Kena Hack

Sedikitnya ada tiga cara yang mungkin bisa terjadi Facebook Diretas, diantara ketiga hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan mudah apabila kamu memahami cara kinerja facebook dan mengatahui celah-celah apasaja yang bisa mengancam keamanan akun facebook anda. 


Itu semua terjadi bisa karena kelalaian diri kamu sendiri dalam menggunakan facebook atau memang ada yang jelas-jelas berniat untuk melakukan peretasan pada akun anada. kemungkinan tersebut diantaranya sebagai berikut :


1. Tak Jarang kamu menggunakan facebook di kantor atau tempat kerja atau bahkan di warnet dengan menggunakan komputer atau Laptop.


Kadang kamu tidak sadar bahwa ada orang yang ikut menggunakan laptop atau komputer tersebut setelah kamu dan akun facebook kamu tidak sempet dikeluarkan atau Logaut secara sempurna hanya menutup menu browser saja.


Ketika orang lain membuka browser yang sama dan membuka akun facebook yang akan muncul adalah akun facebook kamu yang belum dikeluarkan atau di logaut secara sempurna, disitulah orang yang tidak bertanggungjawab akan memanfaatkan segala isi yang ada pada akun tersebut demi kepentingan pribadinya karena akun tersebut sepenuhnya ada dalam pengendaliannya. 


2. Seseorang yang membuat akun baru dengan menggunakan foto nama dan identitas yang sama percis dengan Akun Facebook yang kamu gunakan.


Melakukan Privasi terhadap akun anda sehingga kamu tidak bisa menemukan akun duplikat tersebut, selanjutnya mereka akan mengundang pertemanan kepada teman-teman di akun kamu yang dipastikan mengenali akun tersebut, padahal itu adalah akun peretas.


Penipuan atau perjanjian-perjanjian lainnya yang berkaitan dengan keuangan dan tentunnya ini merupakan kejahatan yang serius.


3. Mencuri kata sandi 

Mencuri kata sandi akun Anda dan mengganti kata sandinya sehingga kamu tidak bisa menggunakan akun facebook kamu secara total. Kejadian ini adalah hal yang paling mengerikan dan untuk memperbaikinya akan tergantung pada apa lagi yang telah Anda tautkan ke akun Facebook Anda sehingga lumayan sulit untuk mengingatnya.


Sementara akun Facebook saat ini memberikan tawaran data untuk dijadikan sebagai data login ke akun-akun lain salah satunya adalah akun keuangan atau uang digital kemudian akun OnlineShop dan sebagainnya. hal ini sebenarnya sangat membahayakan data facebook anda akan diconversi sebagai data baru di akun uang digital tersebut berikut passwordnya pun akan ikut diambil sebagai data yang paling mendasar.


Apabila saat ini akun facebook dijadikan sebagai akun induk semua aplikasi yang kamu gunakan mulai saat ini saya sarankan untuk memutus rantai logIn tersedut dan buat data mandiri masing-masing aplikasi secara profesional dan simpan kata sandi anda secara aman. Supaya ketika salah satu akun kamu kena Hack maka tidak akan mempengaruhi akun lain.


Seperti apa langkah untuk Memulihkan Akun Facebook yang Diretas

Setelah kita mengetahu beberapa penyebab akun facebook diretas maka setidaknya kamu akan sedikit memahami kinerja aplikasi sosial media tersebut dan kamu akan mengetahui titik kelemahan atau celah kesalahan yang bisa timbul pada akun kamu sehingga kamu akan memahami bagaimana cara memperbaiki akun facebook yang diretas tersebut.


1. Gunakan halaman "keamanan dan info Login" pada Facebook anda 


Pengaturan dan Privasi -> Pengaturan -> keamanan dan info Login, pada tab "Tempat anda Login" ini berfungsi untuk memeriksa dan melihat di mana saja akun Anda sudah dibuka amaka akan tampil beberapa IP address dan jenis perangkat yang digunakan untuk Login terhadap akun facebook kamu.

Log Keamanan


Dalam Daftar ini juga akan muncul semua perangkat yang pernah Anda gunakan Facebook sebelumnya. baik menggunakan Smartphone, Laptop, atau PC akan tampil disana dan lebih jelans lagi selain jenis perangkat yang dipakai maka akan muncul pula jenis browser yang digunakan dimana lokasi dibuka dan kapan terakhir anda membuka facebook semua terlihat dari sana.


Setelah mengetahui mana perangkat yang kamu pakan dan mana perangkat yang bukan milik kamu Jika Anda menemukan perangkat yang tidak anda kenali perangkat apa pun dalam daftar ini kamu tinggal hapus perangkat yang tidak kamu kenali tersebut dengan cara klik tiga titik di sebelah kanan dan paksa mesin tersebut untuk keluar dari akun Anda. 


Selanjutnya lakukan penggantian kata sandi secepatnya sebelum perangkat lain mengganti kata sandi kamu lebih dulu dengan kalimat, karakter, nomor dan huruf supaya lebih kuat. dan untuk selalu hati-hati damam menggunakan facebook untuk keluar dari Facebook dan Messenger sebelum perangkat Anda dipengang orang lain.



2. Membuat pengumuman pribadi

Tidak banyak yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terdadinya duplikasi akun seperti ini selain memberi tahu orang-orang bahwa akun anda di duplikasi oleh si penipu Ini harus menjadi peringatan ketika Anda menerima permintaan pertemanan dari seseorang yang Anda pikir telah berteman atau seseorang yang sudah bertahun-tahun tidak berkomunikasi dengan Anda coba kirimi mereka email atau teks yang menanyakan apakah permintaan itu asli dari orang tersebut atau bukan.


3. Membuat laporan ke Facebook

Untuk menangani point ke 3 sangat sulit untuk di ambil alih kembali apalagi kata kuncu sudah diganti sehingga kamu sudah tidak memiliki akses samasekali, Facebook akan melakukan beberapa ferivikasi kepemilikan dan bahkan bisa menonaktifkan sekaligus dengan cara melaporkan langsung ke situs resmi facobook seperti dibawah ini :


Setelah akun anda dilaporkan ke facebook bahwa akun tersebut mengalami peretasan maka facebook akan memblokir akses terhadap akun tersebut.


Penanggulangan Keamanan akun Facebook


Siapkan keamanan login akun Facebook yang berlapis,  Facebook juga menyediakan pervikasi dua langkah seperti layaknya periviksi dualangkah pada akun google. kini bisa anda gunakan untuk menjaga keananan di halaman Facebook.

  • Periksa untuk melihat apakah Anda memiliki metode pembayaran yang dikonfigurasi di Facebook atau aplikasi yang menggunakan login facebook? seandainya kamu masih memiliki akun yang mengguakan login facebook maka mulai saat ini berhenti melakukan aktivitas seperti itu karena itu akan mengancam keselamatan akun yang lainnya. 
  • Hapus aplikasi dan situs web yang terhubung. Jika Anda telah masuk ke aplikasi pihak ketiga menggunakan kredensial Facebook Anda sekaranglah saatnya untuk meninjau dan menghapusnya. Hal yang sama berlaku dengan menghapus integrasi bisnis apa pun.
  • Periksa kontak email akun Anda. Kamu harus memiliki setidaknya email kontak kedua yang dapat digunakan Facebook untuk mengirimi Anda pemberitahuan jika alamat email utama Anda diretas Tentu saja dengan menggunakan kata sandi yang berbeda dengan akun email yang berbeda.
  • Apabila kamu menemukan pesan bagwa akun anda mengalami peretasan sebaiknya jangan kamu hiraukan apalagi harus mengikuti tautan-taun yang ditawarkan jangan mengikuti perintahnya cukup kamu amankan akun kamu dengan cara-cara yang sudah kita bahas diatas.

Akhir kata kehati-hatian kita dalam melakukan kegiatan apapun memang harus diperhatikantidak boleh grasak grusuk, budayakan membaca dan pahami terlebih dahulu kalau kalian tidak mengerti silahkan gunakan bantuan dengan cara translate atau bertanya langsung dan semoga artikel Cara Memulihkan Akun Facebook yang Diretas ini bermanfaat untuk kami selaku penulis dan berguna bagi kalian yang membacanya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Memulihkan Akun Facebook yang Diretas Begini Caranya

Populer

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x