Iklan

terkini

Cara Daftar Bansos Online

Melani Syihab
3/01/22, 07:43 WIB Last Updated 2022-03-01T00:43:58Z

Cara daftar Bansos online Lewat HP yang akan kita bahas kali ini adalah cara mendaftarkan diri untuk mendapatkan bantuan sosial dari Kemensos yaitu berupa program PKH dan BPNT Tahun ini.

 

Cara-daftar-bansos-online-di-hp

Bagi masyarakat yang merasa dirinya pantas mendapatkan bantuan PKH atau BPNT dapat mendaftarkan dirinya menjadi peserta dalam program tersebut yang bisa dilakukan secara online melalui aplikasi cek Bansos Kemensos.

 

Bagi yang mau mendaftarkan dirinya sebagai penerima bansos dari Kementerian sosial dapat gunakan menu daftar usulan untuk dataran baru secara online.

 

Cara Daftar Bansos Online di HP

  1. Untuk mengatahui cara daftar Bansos online di hp, Unduh aplikasi "Cek Bansos Kemensos" melalui Play Store atau App Store di HP kamu.
  2. Jika Aplikasi sudah terinstal di hp buka aplikasi Cek Bansos Kemensos
  3. Kemudian klik “Buat Akun Baru”
  4. Pertama kamu harus melakukan registrasi dengan mengisi data diri.
  5. Lakukan verifikasi KTP dan foto selfie dengan KTP.
  6. Lakukan pemeriksaan pastikan data yang diisi sudah benar.
  7. Kemudian klik “Buat Akun Baru”.
  8. Setelah akun kamu jadi dibuat pilih menu Daftar Usulan untuk mengajukan bansos
  9. Isi kembali data diri pada pendaftaran.
  10. Pilih jenis bansos (PKH / BPNT) yang akan kamu ajukan.

 

Setelah data diri dikirim melalui mekanisme pendaftaran baru pada aplikasi cek Bansos Kemensos maka Kementerian Sosial akan melakukan verifikasi dan validasi terhadap para pemohon yang mengajukan dirinya sebagai penerima Bansos PKH atau BPNT Mencakup kelayakan untuk mendapatkan bantuan sosial atau tidak.

 

Proses pendaftaran bansos dapat dipantau melalui situs resmi cekbansoskemensos.go.id untuk memastikan Apakah permohonan diterima atau tidak.

 

Baca Juga : Cara Daftar PKH Online di HP


Apabila kamu merasakan layak untuk mendapatkan bantuan dan tidak diterima melalui pendaftaran online maka kamu bisa mengajukan bantuan sosial secara langsung melalui dinas sosial yang berada di wilayah.

 

Sementara apabila kamu jauh ke kantor dinas sosial wilayah kamu bisa mengajukan secara langsung melalui aparat pemerintahan RT/ RW yang disetujui oleh Kepala Desa atau Lurah, dengan membawa persyaratan berupa KTP dan kartu keluarga, lengkapi dengan surat pernyataan dan rekomendasi dari RT atau RW setempat.

 

Baca Juga : Cara Daftar BPNT Online di HP


Tahun ini Pemerintah menargetkan  10 juta keluarga penerima manfaat untuk Bansos PKH dan 18 Juta lebih keluarga penerima manfaat untuk jenis bansos BPNT, yang bisa dimanfaatkan kan oleh seluruh masyarakat yang merasakan layak untuk mendapatkan bantuan perlindungan keluarga harapan atau bantuan pangan non tunai yang kini ramai diperbincangkan.

 

Mungkin kurang lebih seperti itu informasi tentang cara daftar bansos online melalui HP yang bisa digunakan untuk mendaftarkan diri sebagai penerima Bansos Melalui aplikasi cek Bansos Kemensos yang bisa dilakukan secara online melalui HP sekaligus bisa melakukan pengecekan atas pendaftaran untuk memastikan bahwa permohonan tersebut diterima atau tidaknya Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Daftar Bansos Online

Populer

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x