Iklan

terkini

Cara Ganti Password Gmail yang Lupa

Melani Syihab
3/28/22, 15:03 WIB Last Updated 2022-03-29T01:43:11Z

Cara ganti password gmail di hp atau laptop masih menjadi permasalahan buat sebagian pemakai Google, namun jangan takut saat ini kamu tidak perlu khawatir kita akan bersama sama membahas cara mengganti password email secara tuntas.

Cara Ganti Password Gmail


Ganti Password atau reset password gmail merupakan hal yang biasa dalam penggunaan email karena banyak penyebab yang mengakibatkan harus ganti password seperti karena lupa password dan mungkin karena sudah terlalu lama tidak digunakan jadi password minta diperbaharui.

 

Gmail adalah sebuah media pengirim pesan dan merupakan bagian dari produk dari Google yang Sekaligus juga merupakan pintu dan alat verifikasi untuk membuat account google dan mendapatkan fasilitas google lainnya.

 

Cara Ganti Password Gmail

Untuk mengetahui cara ganti password gmail di hp sebenarnya sama dengan merubah sandi account google karena sandi itu berfungsi untuk semua ptoduk google termasuk emai atau gmail, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

 

  1. Buka aplikasi Google di hp
  2. Pilih menu Kelola Akun Google Anda
  3. Pilih menu Keamanan
  4. Lakuan menu login ke google klik Sandi
  5. Maka google akan minta login lalu masukan kata sandi lama
  6. Setelah menu ganti password muncul, masukan password baru
  7. Lalu klik tombol simpan perubahan.

 

Cara Mereset Password Gmail

Mengganti password merupakan hal mudah karena password yang lama masih kamu ingat, tapi jika kamu lupas password gmail atau google maka kamu harus mereset password google dengan cara berikut ini.

  • Buka menu Google lalu login.
  • Dibagian bawah password klik menu Lupa Password
  • Masukan alamat email google kamu
  • Maka ada beberapa piliah pemulihan diantaranya :
  • -          Kamu harus menjawab pertanyaan yang pernah kamu buat sebelumnya.
  • -          Verifikasi melalui alamat email pemulihan (email lain)
  • -          Verifikasi melalui nomor telepon yang kamu dftarkan di akun google
  • Setelah kamu menjawab pertanyan dengan benar maka kamu akan diberikan kesempatan untuk membuat password yang baru
  • Juka pemulihan melalui alamat email atau nomor telepon kamu akan mendapatkan kode OTP lalu tinggal masukan pada kolom yang tersedia. Dan kamu akan diminta membuat sandi baru.

Akibat Merubah Kata Password Gmail

Ada sebab pasti ada akibatnya jika kamu melakukan perubahan kata sandi kamu akan menemukan beberapa konsekwensi yang harus kamu tanggung, akibat yang paling utama akan kamu rasakan adalah akan logaut dari seluruh perangkat yang terkait dengan email tersebut kecuali perangkat yang digunakan pada saat melakukan ganti password.

 

Selanjutnya pada peranggkat laptop atauPC yang menggunakan alamat email yang sama akan kehilangan akses dan harus login kembali dengan password yang baru supaya mendapatkan akses penuh seperti sebelumnya.

 

Cara Mengatasi Masalah Lupa Password Gmail

Kemungkinan akan ada kendala pada saat alamat e-mail sudah lama tidak digunakan diantaranya lupa password yang sering dialami oleh banyak pengguna.

 

Beikut ini cara untuk mengatasi masalah lupa password pada akun google ada beberapa kiat dan saran yang bisa kamu ikuti supaya pada saat lupa password kamu bisa mengatasinya dengan mudah saran tersebut diantaranya :

 

  1. Cantumkan alamat email pemulihan (email lain seperti email saudara, atau keluarga lain) yang bisa kamu minta bantuan pada saat lupa password.
  2. Lakukan perubahan pada menu setingan untuk menambahkan nomor telepon (nomor harus aktif pada saat digunakan untuk verifikasi). Nomor telepon juga bisa dijadikan untuk Verifikasi 2 langkah.
  3. Tambahkan pertanyaan khusus supaya untuk keperluan verifikasi, namun kamu harus mengingat jawabannya pada saat kamu lupa password.

 

Penutup

Terus bagaimana jika mendapat masalah seperti ini? Jika kamu mau melakukan ganti password gmail seperti diatas sebelumnya kamu harus memahami apakah kamu akan mengganti untuk memperbaharui password gmail atau mengganti password gmail yang lupa, karena akan memakai cara yang berbeda.

 

Cara ganti password gmail digunakan untuk memperbaharui sandi sedangkan jika kamu lupa password maka kamu harus menggunakan cara mereset password gmail, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya sesuai perintah diatas.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Ganti Password Gmail yang Lupa

Populer

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x