Iklan

terkini

Cara Pembayaran Paspor Online Lewat Bank Permata ATM dan Permata Mobile X

Melani Syihab
9/16/22, 21:00 WIB Last Updated 2022-09-17T10:05:08Z

Cara Pembayaran Paspor Online Lewat Bank Permata ATM dan Permata Mobile X - Bagi yang mau membayar paspor melalui Bank Permata dan masih kebingungan bagai mana cara pembayaran paspor melalui ATM atau melalui Aplikasi Permata Mobile X , sekarang kamu berada pada halaman yang tepat.

Cara Bayar Paspor Online Lewat Bank Permata ATM dan Permata Mobile X

 

Selain menyediakan pembuatan paspor dan perpanjangan paspor secara online, metode pembayaran paspor melalui Bank Permata juga dapat dilakukan secara online.

 

Melalui metode pembayaran online, kamu banyak mendapatkan kelebihan diantaranya  pembayaran paspor online dapat dilakukan kapan saja bahkan dimana saja tidak perlu memerlukan waktu yang khusus. Selain itu kamu bisa mendapatkan bukti pembayaran yang sah sehingga lebih aman.

 

Pembayaran paspor online melalui Bank Permata lebih ringan dan tidak akan dikenakan biaya admin, cukup membayar biaya pembuatan paspornya saja sehingga jauh lebih murah.

 

Tapi apakah aman bayar paspor online lewat bank Permata? Pembayaran yang dilakukan secara langsung melalui rekening Bank Permata bisa dikatakan jauh lebih aman daripada menggunakan metode pembayaran melalui perantara.

 

Karena seluruh tansaksi melalui rekening seperti Bank Permata maka kalian akan memperoleh bukti pembayaran yang sah berupa struk pembayaran dan histori pembayaran yang langsung ditujukan ke rekening Kas Negara.

 

Lalu bagaimana cara bayar paspor online melalui Bank Permata tersebut? Nah.. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mari kita simak penjelasannya sampai selesai.

 

Cara Pembayaran Paspor Online lewat Bank Permata

Cara bayar paspor online lewat bank Permata dapat dilaukan melalui beberapa jenis layanan. Bisa menggunakan layanan Permata Mobile Banking, Internet Banking Permata atau melalui ATM Bank Permata.

 

Jika kamu kurang memahami langkah-langkah cara bayar paspor online menggunakan layanan dari Bank Permata tersebut, disini kami akan mrmbahas satu persatu mendetail supaya kalian mudah untuk memahaminya.

 

Namun sebelum membayar paspor online melalui Bank Permata, pastikan kamu sudah mempunyai kode ID billing yang dapat kamu peroleh dari aplikasi m-paspor yang sudah melalui proses pendaftaran sebelumnya.

 

Pembayaran Paspor Online Lewat Permata Mobile X

Cara bayar paspor online yang pertama adalah melalui aplikasi mobile Banking Permata (Octo Mobile). Berikut ini merupakan langkah-langkah cara bayar paspor online lewat Octo Mobile Permata selengkapnya :

  1. Lakukan Login di aplikasi Permata Mobile X
  2. Pada halaman utama pilih menu "Bayar Tagihan" lalu Pilih MPN
  3. Lalu klik menu "Bayar/Pay"
  4. Masukkan Kode ID Billing dari M-paspor
  5. Jika data sudah sesuai klik Konfirmasi
  6. Lalu pilih rekening sumber pembayaran
  7. Konfirmasi Notifikasi pembayaran
  8. Masukan PIN transaksi Permata Mobile
  9. Bukti pembayaran billing paspor akan segera muncul.

 

Jika kamu lupa menyimpan bukti pembayaran dari aplikasi Permata Mobile, maka kamu dapat melihat bukti pembayaran tersebut melalui email yang terdaptar di aplikasi Permata MobileX.

 

Pembayaran Paspor Online Lewat ATM Permata

Sementara jika ingin menggunakan layanan ATM Permata, caranya sangat mudah kamu tinggal mengikuti langkah-langkah cara bayar paspor online lewat ATM permata seperti berikut ini:

Silahkan Masukkan Kartu Debit Anda lalu masukan PIN ATM

  1. Pilih Menu “ TRANSAKSI LAINNYA
  2. Pilih Menu “PEMBAYARAN
  3. Pilih Menu “PEMBAYARAN LAINNYA
  4. Pilih Menu “PEMBAYARAN PAJAK
  5. Pilih Menu “MPN G2
  6. Masukkan kode billing Paspor yang akan dibayar, lalu klik “BENAR
  7. Layar akan menampilan jumlah nominal yang harus dibayar, kemudian pilih “YA
  8. Pilih Nomor Rekening sumber
  9. Muncul layar konfirmasi “Transaksi Anda telah selesai”
  10. Struk ATM berupa konfirmasi Bukti Penerimaan Negara akan keluar

 

Sebagai informasi juga bahwa bukti pembayaran tersebut merupakan salah satu syarat pengambilan paspor ke kantor imigrasi. Jadi kamu harus menjaga bukti tersebut dengan aman karena jika kamu tidak mempunyai bukti pembayaran tersebut, dapat dipastikan kamu tidak akan bisa mengambil paspor.

 

Selain itu juga bahwa pada saat megambil paspor ke kantor imigrasi kalian harus membawa identitas sesuai dengan nama yang terdaftar di aplikasi m-paspor, termasuk membawa bukti pembayaran dari ATM atau dari Permata mobile banking.

 

Demikian bahasan mengenai cara bayar paspor online lewat Bank Permata, ATM Permata dan melalui Permata Mobile X yang dapat kamu ikuti, semoga dapat membantu bagi yang merasa kesulitan serta bisa memberikan arahan pada waktu proses pembayaran yang akan datang.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Pembayaran Paspor Online Lewat Bank Permata ATM dan Permata Mobile X

Populer

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x