Iklan

terkini

Cara Bayar UKT UNMUL Lewat ATM BNI dan Mandiri

Melani Syihab
9/04/22, 20:10 WIB Last Updated 2022-10-04T04:11:20Z

Cara Bayar UKT UNMUL Lewat ATM BNI dan Mandiri   Mungkin ada sebagian yang belum memahami apa itu UKT? UKT adalah uang kuliah Tunggal yang mesti dibayar oleh setiap mahasiswa dalam setiap semesternya berdasarkan ketentuan dari perguruan tinggi masing-masing.


Cara Bayar UKT UNMUL Lewat ATM BNI dan Mandiri

UKT juga sering disebut dengan istilah uang semester yang harus dibayar dan dilunasi setiap semester pada sebuah fakultas dan jurusan tertentu sebagai suatu syarat untuk mengikuti ujian semester.

 

UKT UNMUL (uang kuliah Tunggal Universitas Mulawarman) mempunyai besaran tertentu walaupun pada kelas yang sama dan jenjang yang sama. Karena terdapat berbagai kategori biaya UKT untuk setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan dan status sosial orang tuanya. Sebagai salah satu cara untuk memberikan keringanan kepada orang tua mahasiswa yang kurang mampu.

 

Saat ini ketentuan besaran biaya UKT Unmul terdiri dari 6 kelompok dari mulai kelompok 1 dengan kategori paling rendah dan kelompok 6 dengan kategori biaya UKT tertinggi. Kalian dapat menemukan rincian biaya tersebut pada kategori UKT disitus (ukt.unmul.ac.id.)

 

Cara Bayar UKT UNMUL (Universitas Mulawarman)

Cara bayar UKT Unmul saat ini bisa dilakukan dengan mudah melalui berbagai bank persepsi yang sudah ditunjuk dan bekerjasama dengan Universitas Mulawarman Kalimantan Timur. Beberapa banguk sudah menyediakan pembayaran secara online maupun offline di teller bank.

 

Berikut ini merupakan tahapan cara bayar UKT di Universitas Mulawarman selengkapnya:

1. Cara bayar UKT Unmul Untuk mahasiswa baru

Yang membedakan pembayaran UKT untuk mahasiswa baru dan mahasiswa lama adalah pada kode pembayaran. Bagi mahasiswa baru yang belum mempunyai nomor induk mahasiswa (NIM) maka kode yang digunakan untuk membayar UKT adalah kode jenis pembayaran 01 untuk UKT dan 22 Untuk SPI dan diikuti 10 digit kode nomor pendaftaran.

 

2. Cara bayar UKT Unmul untuk mahasiswa lama

Sementara untuk mahasiswa lama yang sudah mempunyai NIM (nomor induk mahasiswa) kalian dapat menggunakan kode pembayaran + nomor induk mahasiswa contohnya 01 untuk kode UKT + 1234567890  NIM jadi 011234567890.

 

Dan bisa melakukan registrasi secara online di situs ukt.unmul.ac.id dan login dengan menggunakan kan username kode jenis pembayaran + NIM/ nomor pendaftaran dan password adalah tanggal lahir dengan menggunakan format tanggal bulan dan tahun contoh 01-01-2001 menjadi 0101010.

 

Setelah mendapatkan kode pembayaran kalian tinggal mendatangi bank persepsi seperti dibawah ini.

 

Cara Bayar UKT UNMUL Lewat ATM BNI

Cara bayar UKT Unmul yang pertama adalah melalui ATM BNI. Kalian dapat mengikuti langkah-langkah cara membayar utbk di Unmul melalui aTM Bank BNI dengan cara berikut ini:

  1. Masukkan Kartu ATM BNI kamu
  2. Pilih Bahasa Indonesia
  3. Masukkan PIN ATM BNI
  4. Pilih Menu Pembayaran lalu tekan menu Berikutnya
  5. Pilih Opsi Universitas dan tekan Menu Student Payment Center (SPC)
  6. Lalu masukkan Kode Universitas Mulawarman (8028) Diikuti Nomer Tagihan Tagihan SPC Contoh :8028999999999999 lalu tekan Benar
  7. Tekan “YA” untuk melanjutkan pembayaran UKT
  8. Pilih Jenis Rekening Tabungan
  9. Jika berhasil struk akan keluar sebagai bukti pembayaran.
  10. Bayar UKT lewat ATM BNI Selesai.

 

Simpan bukti pembayaran tersebut dalam bentuk foto supaya ya jika suatu saat dibutuhkan data tersebut bisa diambil kembali di Galeri smartphone kamu, karena stroke bukti pembayaran dari mesin ATM adalah bukti transaksi dalam bentuk thermal paper yang tulisannya bisa hilang dalam waktu tertentu.

 

Cara Bayar UKT UNMUL Lewat ATM Mandiri

Bagi pengguna rekening Bank Mandiri kalian juga dapat membayar UKT Unmul melalui ATM Bank Mandiri dengan cara sebagai berikut:

  1. Silakan masukkan Kartu ATM Mandiri kamu
  2. Pilih Bahasa Indonesia
  3. Masukkan nomor PIN ATM
  4. Pilih Menu Pembayaran/Pembelian
  5. Pilih Menu Multipayment
  6. Pilih Univ Mulawarman atau masukkan kode 10054 kemudian tekan Benar
  7. Masukkan Kode Bayar seperti diatas
  8. Rincian pembayaran akan ditampilkan
  9. Tekan angka 1 kemudian tekan YA
  10. Kemudian Konfirmasi Pembayaran tekan YA
  11. Bukti pembayaran berupa struk akan tercetak
  12. Pembayaran UKT Unmul lewat ATM Mandiri selesai.

 

Seperti itulah pembahasan mengenai cara bayar UKT Unmul lewat ATM BNI dan Mandiri yang dapat kalian ikuti untuk melunasi pembayaran uang kuliah Tunggal di Universitas Mulawarman Kalimantan Timur semoga bermanfaat.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Bayar UKT UNMUL Lewat ATM BNI dan Mandiri

Populer

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x