Iklan

terkini

Cara Menghitung Pinjaman Bank BRI Rumus Excel

Melani Syihab
10/23/22, 22:41 WIB Last Updated 2022-11-02T13:04:17Z

Bagi yang penasaran bagaimana cara menghitung pinjaman bank BRI Anuitas dengan menggunakan rumus Excel kamu dapat menemukannya disini. Dengan menghitung menggunakan Excel secara mandiri kamu dapat dengan lebih leluasa menentukan limit pinjaman dan jangka waktu setoran.


Cara Menghitung Pinjaman Bank BRI Rumus Excel


Yang menjadi pertanyaan adalah berapa jumlah setoran setiap bulan jika kamu meminjam uang dalam jumlah tertentu dengan jangka waktu setoran sesuai keinginan kamu sendiri.

 

Proses untuk mendapatkan jawaban tersebut data dihitung melalui rumus Excel yang sudah kami sediakan dengan mengacu pada sistem anuitas.

 

Kalian hanya tinggal mengganti jumlah pinjaman dan jangka waktu setoran, kemudian jika bunga yang ditetapkan berbeda maka kalian tinggal mengganti pada bagian kolom yang berwarna hijau.

 

Cara Menghitung Pinjaman Bank BRI

Cara menghitung pinjaman Bank BRI khususnya untuk jenis pinjaman BRIguna yang sering digunakan oleh pegawai negeri sipil atau biasa juga disebut dengan istilah pinjaman BRI umum mempunyai cara yang berbeda apabila dibandingkan pinjaman kredit usaha rakyat.

 

Pinjaman Briguna menggunakan sistem perhitungan anuitas dengan menggunakan parameter tertentu yang sudah menjadi ketentuan pada bank BRI. Sementara bunga yang diterapkan setiap tahun mungkin akan berubah namun cara perhitungan ini akan menggunakan metode yang sama.

 

Dengan menggunakan rumus Excel perhitungan pinjaman BRI anuitas, kalian dapat mengetahui limit pinjam aman dari jumlah gaji yang kita peroleh setiap bulan, kemudian selain itu juga kamu bisa mengetahui jangka waktu pinjaman serta yang tidak kalah pentingnya adalah jumlah setoran akan kita bayar setiap bulan.

 

Cara mengetahui Limit Pinjaman

Bagi para pegawai negeri sipil atau PNS seringkali kebingungan ketika mengetahui berapa maksimal kemampuan gaji kita untuk meminjam uang di bank BRI. Melalui aplikasi rumus Excel ini kamu dapat hitung berapa jumlah gaji dan berapa maksimal setoran dari gaji kita.

 

Pada dasarnya ketentuan tersebut kemungkinan bisa berbeda namun kebanyakan setiap bank menerapkan maksimal setoran dari gaji kita adalah sebesar 60% dan sisanya diperuntukkan guna memenuhi kebutuhan hidup hari-hari.

 

Kamu dapat menghitung sendiri melalui rumus yang akan kita berikan melalui link yang sudah kami sediakan dibawah.

 

Cara menghitung Lama Pinjaman

Menghitung jangka waktu pinjaman akan ditentukan oleh besaran pinjaman dan kemampuan setoran yang akan kita bayar. Melalui kedua variabel tersebut kamu akan mengetahui berapa bulan atau tahun kemampuan kamu dalam melunasi pinjaman.

 

Kamu dapat menyesuaikan jangka waktu pinjaman melalui tombol lama pinjaman yang berwarna hijau pada rumus Excel sudah disediakan. Semuanya akan dihitung secara otomatis ganti tahun lama pinjaman.

 

Cara mengetahui Jumlah Setoran

Sedangkan cara mengetahui jumlah setoran pinjaman briguna kamu tinggal memasukkan jumlah pinjam dan jangka waktu pinjaman dalam satuan tahun. Maka jumlah setoran akan ditampilkan secara otomatis setelah memasukkan suku bunga yang diterapkan pada pinjaman tersebut.

 

Jika jangka waktu pinjaman kamu ditentukan dalam rentan waktu 2 tahun harga akan muncul sebanyak 24 kali setoran dengan jumlah setoran yang sama.

 

Untuk mendapatkan rumus Excel perhitungan pinjaman BRI tersebut kamu dapat mendownloadnya Disini

 

Dengan menggunakan rumus Excel tersebut kamu dapat mengotak-atik jumlah pinjaman yang kamu inginkan untuk diajukan ke bank BRI, sehingga kamu sudah mempunyai bayangan berapa jumlah limit pinjaman yang akan kamu peroleh dan berapa jumlah setoran yang akan kamu bayar.

 

Seperti itulah cara menghitung pinjaman bank BRI dengan menggunakan rumus Excel dengan memakai sistem perhitungan anuitas untuk melakukan pinjaman jika suatu saat kamu memerlukannya.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Menghitung Pinjaman Bank BRI Rumus Excel

Populer

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x