Iklan

terkini

Cara Bayar PNBP Lewat Klik BCA, ATM BCA dan Teller BCA

Melani Syihab
11/07/22, 23:54 WIB Last Updated 2022-11-07T16:54:44Z

Cara bayar PNBP lewat m-banking BCA merupakan cara termudah dan paling simple pada saat melunasi pembayaran yang berkaitan dengan PNBP. Selain menggunakan Cara Bayar PNBP lewat Klik BCA kamu juga dapat membayar PNBP lewat ATM atau teller bank BCA.

Cara Bayar PNBP Lewat Klik BCA, ATM BCA dan Teller BCA

 

PNBP adalah bukti penerimaan negara selain pajak yaitu penerimaan negara yang bersumber dari pengelolaan dana pemerintah, pemanfaatan sumber daya, kegiatan pelayanan pemerintah, penerimaan dari pengelolaan kekayaan negara, penerimaan dari pengelolaan kekayaan barang milik negara dan sejenisnya.

 

Seluruh kegiatan dari hasil pengelolaan di atas disebut sebagai penerimaan negara bukan pajak atau (PNBP) untuk menyalurkan hasil pengelolaan tersebut dapat dibayarkan melalui bank BCA yang ditujukan ke kas negara.

 

Cara Bayar PNBP Lewat Bank BCA

Sementara cara bayar PNBP lewat Bank BCA tersebut, dapat memanfaatkan berbagai fitur layanan yang tersedia di Bank BCA. Layanan yang bisa digunakan untuk membayar pnbp di Bank BCA di antaranya melalui fitur Internet Banking BCA, melalui ATM BCA atau dapat dibayarkan langsung melalui teller bank BCA.

 

Adapun langkah-langkah untuk melakukan pembayaran pnbp melalui fitur-fitur tersebut kamu dapat mengikuti tutorial selengkapnya seperti di bawah ini.

 

Cara Bayar PNBP Lewat Klik BCA

Fasilitas layanan pembayaran pnbp yang pertama adalah melalui Mobile klik BCA. Kamu dapat memiliki tahapan-tahapan pembayaran PNBP melalui klikBCA dengan cara berikut :

 

Bagi pengguna KlikBCA bisnis

  1. Pilih menu pembayaran tagihan.
  2. Daftar Pembayaran lalu klik Tambah.
  3. Pilih Jenis Pembayaran Pajak & PNBP.
  4. Lalu klik menu Penerimaan Negara.
  5. Masukkan kode billing MPN PNBP.
  6. Tentukan sumber dana lalu pilih Otorisasi Transaksi.
  7. kemudian pilih sub menu status transaksi untuk mencetak Bukti Penerimaan Negara.

 

Bagi pengguna Klik BCA Individu

  1. Login di KlikBCA Individu
  2. Pilih menu Pembayaran
  3. Lalu pilih Pajak & PNBP
  4. Masukkan kode Id billing PNBP.
  5. Silahkan Cetak untuk mendapatkan Bukti setoran Penerimaan Negara.

 

Cara Bayar PNBP Lewat ATM BCA

Selain itu juga kamu bisa menggunakan fitur layanan selanjutnya dengan cara bayar pnbp lewat ATM BCA. Untuk langkah-langkah kamu bisa mengikuti cara seperti di bawah ini :

  1. Pilih menu Pembayaran
  2. Pilih menu MPN/Pajak
  3. Pilih menu penerimaan negara
  4. Input Nomor ID Billing lalu tekan benar
  5. Muncul Layar Konfirmasi pembayaran pnbp Tekan “Ya” untuk melanjutkan
  6. Pembayaran PNBP berhasil, struk akan segera keluar

 

Cara Bayar PNBP Lewat Teller BCA

Selain menggunakan Kedua jenis layanan di atas untuk pembayaran pnbp yang jumlahnya lebih besar biasanya harus mendatangi secara langsung kantor cabang Bank BCA untuk melakukan penyetoran PNBP.

 

Sementara cara untuk bayar pnbp melalui teller bank BCA caranya sangat mudah kamu tinggal membawa kode billing yang sudah kamu dapatkan dari jenis pembayaran yang kamu akan lunasi kemudian bawa ke kantor Bank BCA dan sampaikan kepada petugas teller bank BCA untuk membayar pnbp.

 

Maka dapat akan memproses pembayaran pnbp sesuai dengan kode billing yang kamu berikan, dan jika Pembayaran sudah berhasil maka kamu akan mendapatkan stuk setoran pnbp dari Bank BCA yang merupakan bukti setoran yang sah.

 

Demikianlah pembahasan mengenai cara bayar PNBP lewat klik BCA, ATM BCA dan Teller BCA yang dapat kamu gunakan sebagai rujukan pada saat melakukan pembayaran pnbp agar lebih mudah dan dapat dipersiapkan sebelumnya, Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat dijadikan acuan pembayaran penerimaan negara bukan pajak bagi orang di sekitar Anda.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Bayar PNBP Lewat Klik BCA, ATM BCA dan Teller BCA

Populer

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x