Iklan

terkini

Cara Daftar Nikah Online Terbaru Lewat Simkah Gen4

Melani Syihab
11/12/22, 22:12 WIB Last Updated 2022-11-12T15:12:01Z

Cara daftar nikah online memang sudah berlangsung sejak tahun 2018, namun seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju proses penyempurnaan aplikasi pendaftaran nikah online saat ini menggunakan situs baru yang dikenal dengan SIMKAH generasi ke-4.


Cara Daftar Nikah Online Terbaru Lewat Simkah Gen4


Jadi untuk calon pengantin main yang ingin melangsungkan pernikahan kalian wajib tahu bawa proses pendaftaran nikah online saat ini sudah beralih ke server baru yaitu simkah4.kemenag.go.id.

 

Sementara untuk server lama simkah.kemenag.go.id masih bisa di akses untuk keperluan data dari tahun sebelumnya namun sudah tidak bisa menerima pendaftaran nikah online. Jadi bukan dikarenakan permasalahan jaringan justru karena pendaftaran nikah online yang baru sudah beralih ke server simkah4.kemenag.go.id.

 

Cara Daftar Nikah Online Terbaru

Adapun alur cara daftar nikah online terbaru Melalui aplikasi simkah generasi ke-4 ini ada sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan versi simkah sebelumnya. Pendaftaran nikah pada simkah Gen 4 ini harus mempunyai akun terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran sementara disingkat sebelumnya tidak diperlukan.

 

Setelah kamu mempunyai akun di aplikasi SIMKAH barulah kamu bisa melakukan pendaftaran nikah secara online dan lakukan perekaman data secara lengkap dengan terlebih dahulu kamu mempersiapkan persyaratan nikah di KUA.

 

Selain itu juga simkah Gen 4 sudah terintegrasi dengan beberapa kementerian dan lembaga pemerintah yaitu pengadilan agama dan dinas kependudukan dan Catatan Sipil untuk mengidentifikasi setiap data calon pengantin supaya tidak terjadi kesalahan.

 

Cara Buat Akun Simkah

Langkah pertama sebelum melakukan pendaftaran nikah online adalah membuat akun simkah. Berikut ini merupakan cara membuat akun simkah dengan mengikuti langkah-langkah seperti berikut ini :

  1. Buka Web/Brpwsre lalu masukan alamat (simkah4.kemenag.go.id)
  2. Lalu Pilih menu Buat Akun
  3. Masukkan alamat email Anda, mama dan nomor induk kependudukan (NIK) lalu klik Daftar.
  4. Kemudian Sistem mengirimkan kode OTP ke email yang sedah didaftarkan.
  5. Buka email dan Masukkan kode OTP di Simkah.
  6. Jika berhasil lakukan login menggunakan email dan password menggunakan kode OTP.


Cara Daftar Nikah Online

Cara Daftar Nikah Online


Jika kalian sudah berhasil login di simkah sekarang kamu tinggal melakukan dengan mengikuti cara daftar nikah online di aplikasi simkah gen-4 dengan cara seperti berikut :

  1. Masuk ke akun Simkah.
  2. Lalu Klik menu Daftar Nikah
  3. Masukkan Nomor Daftar Nikah & Nomor Rekomendasi Nikah
  4. Pilih kolom tempat dan waktu pelaksanaan nikah (Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, termasuk menentukan tanggal dan jam pelaksanaan pernikahan.
  5. Lalu Isi data calon suami dan data kedua orang tua
  6. Masukan data calon istri dan data kedua orang tua
  7. Masukan data wali nikah
  8. Unggah data keterangan nikah dan lengkapi dokumen yang diminta
  9. Masukkan nomor hp dan email yang aktif untuk menerima notifikasi pendaftaran dan pemeriksaan
  10. Unggah foto calon pengantin dengan latar biru

Jika berhasil kamu akan menerima bukti pendaftaran dan kamu dapat mencetak untuk melengkapi berkas pendaftaran nikah.

 

Proses pendaftaran nikah online setelah selesai, selanjutnya kamu tinggal mengirimkan berkas pendaftaran nikah melalui Kantor Urusan Agama sesuai dengan lokasi pernikahan akan diselenggarakan.

 

Sekaligus kamu akan menerima surat perintah pembayaran Penerimaan Negara bukan pajak setoran nikah dengan cara bayar PNBP lewat Bank BRI, BCA, Mandi, BSI atau bank lain yang dapat menerima setoran penerimaan negara.

 

Melalui aplikasi simkah Gen 4 ini juga kamu dapat melakukan pengecekan pencatatan pernikahan sekaligus download kartu nikah digital yang dapat kamu lakukan sendiri tri melalui kode Barcode yang sudah disediakan.

 

Demikian informasi mengenai cara daftar nikah online terbaru lewat simkah Gen 4 yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pendaftaran nikah secara online dan memanfaatkan fasilitas layanan pernikahan lainnya supaya lebih mudah.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Daftar Nikah Online Terbaru Lewat Simkah Gen4

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x